Cara Memelihara Kucing dan Anjing dalam Satu Atap

Kucing dan anjing merupakan jenis hewan peliharaan berbeda spesies. Kedunya sangat populer sebagai teman kaki empat di rumah.

By: Risna Halidi icon Selasa, 06 Februari 2024 icon 15:58 WIB
Cara Memelihara Kucing dan Anjing dalam Satu Atap

Kucing. (Unsplash/Anton Darius)

Meski terkesan sederhana, namun pemiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing mesti memerhatikan beberapa hal. Apalagi kucing dan anjing merupakan jenis hewan peliharaan berbeda spesies meski sangat populer.

Dikatakan oleh dokter hewan, drh. Muhamad Jami Ramadhan, penyediaan sekat ataupun ruang berbeda diperlukan apabila dalam satu rumah memiki hewan peliharaan yang berbeda spesies.

Hewan peliharaan di Savyavasa. [Dewiku/Risna Halidi]
Hewan peliharaan di Savyavasa. [Dewiku/Risna Halidi]

Pemilik hewan juga baiknya selalu memantau tiap individu hewan yang dipelihara apakah sama-sama memiliki sifat sosial yang tinggi dan dapat rukun andai disatukan.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Digigit Kucing Peliharaan, Pertanda Merasa Dimanfaatkan?

"Apabila tidak bisa disatukan maka tidak bisa dipaksa karena nanti bisa memicu stres yang dapat memicu kejadian suatu penyakit," katanya kepada Dewiku, dibuat Selasa (6/2/2024)

Ia pun menyebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain menjaga arena bermain atau lapangan untuk bermain tetap bersih.

Hal itu perlu dilakukan karena ada adanya risiko penularan penyakit antarsatu dengan yang lainnya.

Baca Juga: Mau Liburan Bareng Hewan Peliharaan? Perhatikan 4 Hal Ini

'Pengelola dapat mengimbau bahkan mewajibkan pemilik hewan untuk rutin melakukan vaksinasi serta pemberian obat kutu dan obat cacing sesuai anjuran dokter hewan."

"Bisa juga dilakukan sebagai syarat utama saat hewan untuk bermain selain hewan itu sehat tentunya," tambah drh. Muhamad Jami.

Dokter hewan yang bermitra dengan aplikasi pet parenting, Petskita, itu juga menyoroti perlunya pengaturan traffic saat bermain supaya tidak terlalu padat.

Ilustrasi hewan peliharaan / burst.shopify.com
Ilustrasi hewan peliharaan / burst.shopify.com

"Setidaknya ada ruang gerak masing-masing, karena bisa memicu stres hewannya apabila tidak suka bertemu atau berdekatan dengan hewan lain."

"Dan pentingnya pengawasan oleh pihak pengelola untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya konflik antar satu anjing dengan yang lainnya."

Menanggapi kebutuhan tersebut, pengembangan hunian mewah Savyavasa, hadir sebagai hunian mewah yang ramah bagi hewan peliharaan. Untuk mewujudkan tujuan luar biasa itu, hunian di Selatan Jakarta itu bermitra dengan Petskita.

Baca Juga: Seru Banget! 5 Hotel Ini Cocok untuk Liburan Bareng Hewan Peliharaan

Kolaborasi ini mencerminkan kesamaan nilai dan misi, yakni komitmen terhadap keunggulan, inovasi dan inklusivitas," tambah COO Jakarta Setiabudi Internasional Group & Direktur dari PT Jantra Swarna Dipta, Bram Van Hoof.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI