10 Tanda Pasanganmu Calon Ayah yang Baik, Perhatikan Sejak Masa Pendekatan

Apakah pria yang kamu pilih menjadi kekasihmu saat ini adalah calon ayah yang baik?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 12 Februari 2024 icon 07:00 WIB
10 Tanda Pasanganmu Calon Ayah yang Baik, Perhatikan Sejak Masa Pendekatan

Ilustrasi ayah dan bayinya. (Unsplash/Picsea)

Kembali membuka hati setelah gagal berumah tangga bukan hal mudah, terlebih jika sudah memiliki anak. Bukan cuma mencari sosok pasangan atau kekasih idaman, tetapi juga calon ayah yang baik.

Melansir The Bump, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seorang pria adalah calon ayah baik. Kamu bisa memerhatikannya sejak masih berpacaran, bahkan saat masa pendekatan.

1. Tidak mudah jijik

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Punya Pacar Baru, Pertanda Kesepian Akut?

Pria yang tidak lemah dan jijik dengan muntah bayi, kencing, hingga air liur berpotensi jadi ayah yang baik. Ini karena ayah yang baik akan berperan aktif dalam merawat anak juga.

Ilustrasi ayah dan anak. (Pexels/Studio7042)
Ilustrasi ayah dan anak. (Pexels/Studio7042)

2. Tak canggung bilang maaf dan cinta

Ini juga termasuk ciri calon ayah yang baik. Mereka tahu waktu yang tepat mengungkapkan cinta, minta maaf, terima kasih atau kapan mesti tutup mulut saja.

Baca Juga: Azizah Salsha Cukur Kumis dan Jenggot Suami, Tangan Pratama Arhan Jadi Sorotan

3. Tidak harus jadi pusat perhatian

Tidak selamanya pria harus jadi pusat perhatian. Inilah mengapa tanda pria merupakan calon ayah yang baik adalah tidak mengapa sesekali duduk di kursi belakang hanya jadi pendukung demi orang yang disayangi.

4. Tak selalu mengandalkan uang

Tentu saja seorang ayah wajib menafkahi istri dan anak. Namun, calon ayah yang baik akan paham bahwa anak dan keluarga juga membutuhkan kehadirannya. Uang bukan satu-satunya cara untuk membuktikan kasih sayang.

5. Sabar dan pengertian

Calon ayah yang baik punya tingkat kesabaran dan pengertian yang tinggi terhadap anak-anak maupun pasangan. Mereka mampu menjaga ketenangan dalam situasi sulit dan rumit serta menghadapi tantangan dengan bijaksana.

6. Pendengar yang baik

Pria yang aktif mendengarkan untuk memahami kebutuhan dan keinginan anggota keluarga adalah sosok idaman. Mereka memberikan perhatian penuh dan waktu yang cukup untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan istri dan anak.

7. Memberikan dukungan emosional

Dia tak ragu memberikan dukungan emosional yang kuat kepada pasangan dan anak-anak mereka. Itu dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di mana setiap anggota keluarga merasa didengar dan dihargai.

8. Terlibat dalam perkembangan anak

Calon ayah yang baik bakal berusaha aktif terlibat dalam kehidupan anak-anak, termasuk proses pembelajaran dan perkembangan si anak. Mereka dengan senang hati membantu anak-anak mengeksplorasi minat dan bakat serta memberikan dukungan dalam mencapai potensi masing-masing.

9. Fleksibel dan mudah beradaptasi

Calon ayah yang baik juga hendaknya mampu beradaptasi dengan perubahan dan tantangan dalam kehidupan keluarga. Mereka mau belajar dan tumbuh sebagai orang tua seiring waktu serta fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan keluarga.

10. Memiliki kemauan belajar

Baca Juga: 25 Ide Tebak-tebakan Kocak untuk Pacar, Lucu tapi Bikin Salting

Pasanganmu adalah calon ayah yang baik jika bersikap terbuka untuk terus belajar dan berkembang dalam peran orang tua. Dia mencari informasi, mendapatkan saran, atau bahkan berpartisipasi dalam program pendidikan orang tua untuk meningkatkan keterampilan pola asuh.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI