Sambut Ramadan, 7 Tips Orang Tua Ajak Anak Belajar Puasa

Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengajari si kecil puasa di bulan Ramadan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 28 Februari 2024 icon 12:00 WIB
Sambut Ramadan, 7 Tips Orang Tua Ajak Anak Belajar Puasa

Ilustrasi anak perempuan (Freepik/ansiia)

Bulan suci Ramadan semakin dekat. Bagi para orang tua, apakah sudah siap mengajak si kecil belajar ikut menjalankan ibadah puasa?

Puasa jelas bukan hal mudah bagi anak-anak sehingga butuh peran aktif orang tua. Dilansir dari Have Halal With Travel, berikut beberapa tips untuk mengajarkan anak berpuasa dengan cara yang menyenangkan.

1. Latih rutinitasnya

Baca Juga: 10 Inspirasi Jualan di Bulan Ramadan, Kolak Tetap Diprediksi Laris Manis

Anak sulit berpuasa karena mereka tidak terbiasa. Dalam hal ini, penting bagi orang tua mengajarkannya secara rutin. Cobalah untuk membuat aktivitas seru untuk anak saat berpuasa. Perlahan anak akan mulai terbiasa sehingga jauh lebih mudah bagi mereka untuk berpuasa.

Ibu dan anak (Pixabay/Jupi Lu)
Ibu dan anak (Pixabay/Jupi Lu)

2. Kurangi makanan manis dan asin

Kedua jenis makanan ini akan membuat candu sehingga anak ingin mengonsumsinya terus menerus. Pada Ramadan nanti, cobalah membuat makanan yang tidak terlalu manis atau asin.

Baca Juga: Ingin Tampil Cantik & Segar Saat Imlek? Bubah Alfian Kasih Tips Makeup-nya

3. Beri penghargaan

Ini juga bisa jadi cara menyenangkan untuk melatih anak berpuasa. Cobalah beri hadiah sesuatu yang diinginkan anak untuk menambah semangat mereka.

4. Selalu perhatikan kemajuan anak

Ini adalah hal penting. Anak biasanya memulai dengan berpuasa hanya beberapa jam. Namun, keesokan harinya, bisa saja mereka puasa lebih lama. Segala bentuk kemajuan layak diapresiasi.

5. Mempersiapkan buka bersama

Ini juga bisa menjadi salah satu hal yang menambah semangat anak berpuasa. Mereka bakal antusias jika diajak mempersiapkan menu buka favorit.

6. Ajari anak maksud berpuasa

Orang tua perlu menjelaskan kepada anak soal apa itu puasa, tentunya dengan bahasa sederhana yang sesuai perkembangan mereka. Ini termasuk mengajari doa-doa saat berpuasa serta hal-hal baik lainnya untuk menambah pengetahuan anak tentang agama.

7. Beri contoh

Baca Juga: Waspadai Aquaplaning saat Musim Hujan, Simak Tips Berkendara Aman dan Nyaman Berikut

Ini adalah hal utama yang mesti orang tua lakukan. Orang tua mesti memberi contoh yang baik dalam berpuasa. Harapannya, anak akan meniru perilaku orang tuanya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI