7 Tips Bangun Sahur Tanpa Drama, Pasang Alarm hingga Hindari Kafein

Takut bangun terlambat sehingga melewatkan sahur? Simak beberapa tips di bawah ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 11 Maret 2024 icon 21:00 WIB
7 Tips Bangun Sahur Tanpa Drama, Pasang Alarm hingga Hindari Kafein

Ilustrasi alarm. (Pexels/its me neosiam)

Sahur adalah bagian penting dari ibadah puasa Ramadan. Sayangnya, banyak orang melewatkan makan sahur karena bangun kesiangan.

Banyak pula orang yang enggan makan dengan memenuhi gizi seimbang karena mengantuk. Akibatnya, tubuh jadi terasa lemas saat berpuasa seharian.

Oleh karenanya, penting menjaga rutinitas agar bisa lebih semangat sahur. Dilansir dari Gulfnews, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Raisa Berbagi Tips Tampil Segar di Bulan Ramadan, Makeup Natural Lebih Oke

Ilustrasi tidur (Pexels/Vlada Karpovich)
Ilustrasi tidur (Pexels/Vlada Karpovich)

1. Tidur lebih awal

Ini adalah salah satu kunci tidak mengantuk saat sahur. Tidur lebih awal membantu mata menjadi lebih segar. Oleh karenanya, penting mengatur waktu tidur di bulan Ramadan.

2. Pasang alarm

Baca Juga: Jangan Minum Teh saat Sahur, Ternyata Ini Alasannya

Supaya tidak terlambat bangun sahur, kamu juga bisa memasang alarm. Sebaiknya pasang alarm yang besar demi memastikan diri sendiri terbangun saat sahur.

3. Hindari kafein

Kamu juga sebaiknya menghindari kafein sebelum tidur malam. Konsumsi kafein bisa memicu insomnia sehingga berdampak pada jam tidur yang telat. Akibatnya, kamu jadi melewatkan sahur dan merasa lelah saat bangun.

4. Olahraga teratur

Olahraga baik dilakukan untuk membantu membuat fisik menjadi jauh lebih sehat. Tidur juga lebih nyenyak sehingga tidak merasa lelah saat harus bangun sahur. Olahraga pun baik untuk menambah energi agar lebih bugar saat menjalankan puasa Ramadan.

5. Jangan makan berlebihan saat berbuka

Makan secukupnya saja saat berbuka puasa. Konsumsi makanan yang berlebihan berpotensi membuat nafsu makan berkurang saat sahur. Akibatnya, sahur yang dilakukan menjadi kurang optimal dan bisa memengaruhi ibadah puasa.

6. Sahur bareng teman atau keluarga

Sahur sendiri mungkin membuatmu semakin malas, jadi tak ada salahnya mencari teman makan sahur. Makan sahur akan terasa lebih nikmat dan seru bersama orang terdekat.

7. Bangkitkan semangat dengan makanan

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa, Bisa Sambil Nongkrong dan Reunian

Perhatikan makanan yang disajikan. Jika itu adalah sesuatu yang ingin kamu makan, tentu sahur jadi lebih semangat. Kamu juga lebih semangat untuk bangun sahur.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI