5 Obyek Wisata Religi di Solo, Sudah Pernah ke Masjid Raya Sheikh Zayed?

Berikut beberapa rekomendasi objek wisata religi di Solo, Jawa Tengah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 15 Maret 2024 icon 19:00 WIB
5 Obyek Wisata Religi di Solo, Sudah Pernah ke Masjid Raya Sheikh Zayed?

Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Solo, Jawa Tengah. (Suara.com/Ari Welianto)

Ramadan menjadi salah satu waktu yang tepat untuk wisata religi. Selain liburan, mengunjungi obyek wisata religi juga dapat menambah wawasan agama sekaligus mempelajari sejarah.

Salah satu destinasi yang menarik dikunjungi adalah Solo, Jawa Tengah. Ada sejumlah obyek wisata religi yang direkomendasikan. Melansir Suara.com, berikut beberapa di antaranya.

1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Baca Juga: 5 Tips Traveling di Bulan Puasa, Serunya Liburan saat Ramadan

Masjid Raya Sheikh Zayed diresmikan pada Februari 2023 kemarin. Sejak dibuka untuk umum, tempat ibadah ini sukses mencuri atensi publik dengan arsitekturnya yang begitu megah.

Memiliki luas bangunan sekitar 8.000 meter persegi, Masjid Raya Sheikh Zayed mampu menampung hingga 10 ribu hingga 15 ribu jamaah.

2. Masjid Dalem Kalitan

Baca Juga: 3 Dosa yang Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Dianggap Remeh!

Berada di kompleks Dalem Kalitan milik Ibu Tien Soeharto, Masjid Dalem Kalitan punya sejarah panjang. Masjid ini mulanya dibangun Pakubuwono X dari Keraton Kasunanan sekitar tahun 1786.

Kompleks masjid pun dibangun lengkap dengan rumah joglo dan pendapa, lalu dihibahkan pada Kanjeng Gusti Ratu Alit tahun 1965. Sejak itu, bangunan tersebut dikenal sebagai Dalem Kalitan.

3. Masjid Agung Keraton Surakarta

Berwisata ke wilayah Keraton Kasunanan Surakarta, tak lengkap tanpa Masjid Agung Keraton Solo. Dibangun tahun 1763, masjid ini berperan penting dalam persebaran ajaran Islam di Jawa.

4. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Ini adalah salah satu masjid tertua di Solo. Masjid Al Wustho Mangkunegaran awalnya untuk keluarga kerajaan. Namun, seiring waktu mulai dibuka untuk umum. Keunikannya terletak pada arsitektur bangunan yang mengombinasikan Jawa dan Eropa.

5. Masjid Jami Assegaf

Baca Juga: 7 Tips Bangun Sahur Tanpa Drama, Pasang Alarm hingga Hindari Kafein

Masjid Jami Assegaf berlokasi di perkampungan Arab. Salah satu obyek wisata religi terpopuler di Solo ini terletak di area Pasar Kliwon. Menariknya, ada tradisi menjamu pengunjung masjid dengan kopi Arab saat berbuka puasa selama Ramadan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI