Mau Minum Teh dan Kopi di Bulan Ramadan? Ini Kata Ahli Gizi

Saat berpuasa, konsumsi minuman teh dan kopi harus lebih diperhatikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Maret 2024 icon 17:00 WIB
Mau Minum Teh dan Kopi di Bulan Ramadan? Ini Kata Ahli Gizi

Ilustrasi perempuan berhijab nongkrong di kafe (Freepik)

Saat Ramadan, banyak orang bingung kapan sebaiknya minum kopi atau teh? Pasalnya, dua minuman itu bisa memicu masalah pencernaan ketika menjalankan ibadah puasa.

Ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, Kencana Fitri Hudayani SST, M.Gz, mengungkapkan bahwa konsumsi teh atau kopi sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang. Hanya saja, memang ada hal-hal yang perlu lebih diperhatikan agar efeknya tidak mengganggu puasa.

"Kami menyarankan untuk mengonsumsi teh dan kopi dengan kadar yang sesuai, misalnya hanya satu gelas teh dan satu cangkir kopi per hari, sisanya disarankan untuk minum air putih," ungkapnya, dikutip dari ANTARA via Suara.com.

Baca Juga: 5 Tips Semangat Bekerja saat Puasa, Ramadan Tetap Produktif

Minum teh dan kopi sudah menjadi kebiasaan umum bagi masyarakat Indonesia. Teh bahkan sering diminum untuk membatalkan puasa.

Ilustrasi minuman teh hangat (Pixabay/dungthuyvunguyen)
Ilustrasi minuman teh hangat (Pixabay/dungthuyvunguyen)

Menurut Fitri, teh cenderung lebih aman untuk lambung. Minuman ini dapat digunakan untuk membatalkan puasa bagi penderita asam lambung.

Di sisi lain, tingkat keasaman kopi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang dengan lambung sensitif. Oleh karenanya, kopi disarankan untuk dikonsumsi setelah perut terisi.

Baca Juga: Mencicipi Masakan saat Puasa Bikin Batal atau Tidak? Simak Penjelasan Berikut

"Teh sejauh ini lebih aman untuk penderita penyakit lambung, berbeda dengan kopi yang memiliki tingkat keasaman yang dapat mengganggu pada orang sensitif lambungnya," paparnya.

Fitri pun menerangkan bahwa penggemar minuman teh atau kopi tidak perlu cemas soal dehidrasi. Walau kedua minuman ini bersifat diuretik atau merangsang buang air kecil, kopi dan teh tidak menyebabkan rasa haus yang berlebihan. Syaratnya, jangan minum kopi atau teh berlebihan.

Baca Juga: 5 Tips Traveling di Bulan Puasa, Serunya Liburan saat Ramadan

Pembatasan konsumsi teh dan kopi juga bertujuan mencegah konsumsi gula berlebihan. Pasalnya, penyajian minuman berkafein biasanya ditambah gula atau susu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI