THR Sudah Cair? Bijak Kelola Keuangan dengan 5 Tips Ini

Berikut beberapa tips mengelola THR dengan bijak dan tidak impulsif.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 27 Maret 2024 icon 18:00 WIB
THR Sudah Cair? Bijak Kelola Keuangan dengan 5 Tips Ini

Ilustrasi menerima Tunjangan Hari Raya (THR) (Pixabay/Eko Anug)

Apakah kamu sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Lebaran 2024? Berdasarkan peraturan pemerintah, THR harus dibayarkan penuh kepada pekerja, paling lambat tujuh hari sebelum hari raya.

Menerima THR memang bikin bahagia. Namun, kamu tetap harus mengelola THR dengan bijak agar uang tambahan tersebut tidak habis begitu saja untuk pembelanjaan impulsif.

"THR idealnya memang digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan selama hari raya. Namun agar THR tidak habis dengan sia-sia dan dapat dimanfaatkan secara optimal. sebaiknya dibuat pos alokasi dan skala prioritas. Pastinya hindari menggunakan THR untuk konsumsi yang tidak perlu dan bersifat berlebihan," kata Head of Research and Advisory Bank Commonwealth Thadly Chandra, melansir Suara.com.

Baca Juga: 4 Tren Busana Muslim untuk Lebaran, Pilih Produk Brand Lokal

Ilustrasi uang (Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)
Ilustrasi uang (Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)

Thadly memberi rekomendasi alokasi THR 10-20-60-10, yaitu 10% untuk membayar zakat, 20% untuk tabungan dan investasi, 60% untuk keperluan hari raya dan membayar utang jika ada, dan 10% untuk dana darurat. 

Menurut Thadly, sebaiknya prioritaskan THR untuk membayar zakat yang sudah menjadi kewajiban. Selain itu, THR dapat digunakan sebagai momentum untuk mulai menabung dan berinvestasi secara teratur dan disiplin demi mencapai tujuan keuangan.

Bagaimana dengan keperluan hari raya, seperti mudik, membeli makanan khas Lebaran, baju Lebaran, hampers, dan lainnya? Tidak jarang pengeluaran untuk hari raya menghabiskan seluruh THR. Padahal, idealnya alokasi untuk hari raya tidak lebih dari 60%. 

Baca Juga: Siap Beli Baju Lebaran? Brand Lokal Ini Berikan Diskon Spesial

Sisa alokasi keperluan hari raya dari THR bisa dimanfaatkan untuk melunasi atau membayar sebagian utang supaya tak menambah beban finansial.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Waspadai 5 Modus Penipuan Viral Ini

Selain itu, jangan lupa sisihkan dana darurat dengan alokasi 10% dari THR. Dana darurat bisa disimpan untuk keadaan tak terduga seperti kecelakaan, kerusakan rumah, atau kehilangan pekerjaan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI