5 Tren Belanja Ramadan dan Lebaran, Banjir Promo dan Diskon

Aktivitas belanja online juga meningkat signifikan selama Ramadan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 03 April 2024 icon 17:45 WIB
5 Tren Belanja Ramadan dan Lebaran, Banjir Promo dan Diskon

Belanja online untuk persiapan kebutuha Lebaran (Freepik/tirachardz)

Tren belanja selama Ramadan menjadi hal yang sebaiknya tidak diabaikan pelaku UMKM, terlebih untuk meningkatkan pendapatan menjelang Lebaran.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, mengungkapkan, Ramadan menjadi ajang spesial, khususnya bagi UMKM yang tergabung dalam Wonderful Indonesia 2024, untuk memanfaatkan program kampanye Belanja Ekstra Murah (BERKAH) yang digencarkan pemerintah.

"Program BERKAH merupakan win-win solution bagi para mitra co-branding Wonderful Indonesia yang menyediakan harga khusus maupun dan bagi konsumen saat penghujung bulan Ramadan saat harga-harga mulai naik, program ini memberikan penawaran belanja ekstra murah," ujar Sandiaga, melansir Suara.com.

Baca Juga: 30 Kata-Kata Ucapan Lebaran 2024, Cocok untuk Keluarga dan Sahabat

Ilustrasi perempuan asyik belanja (Freepik)
Ilustrasi perempuan asyik belanja (Freepik)

Sandiaga juga berharap pelaku UMKM tidak melewatkan momentum Ramadan dan Lebaran dan yang membuat kebutuhan barang dan jasa masyarakat umum meningkat.

Lebih lanjut, Kemenparekraf memaparkan tren belanja Ramadan yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk meningkatkan omset penjualan.

Konsumsi makanan dan minuman

Baca Juga: Libur Cuti Bersama Lebaran 2024 Berapa Hari? Ini Detail Lengkapnya

Selama Ramadan, terdapat peningkatan signifikan dalam konsumsi makanan dan minuman, terutama unruk buka puasa dan sahur. Ini mencakup pembelian bahan makanan untuk persiapan sahur dan berbuka puasa serta hidangan khas seperti kurma, sirup, dan lainnya.

Beli pakaian baru

Ramadan sering jadi momentum untuk membeli pakaian baru sebagai persiapan merayakan Idul Fitri. Ada tren untuk membeli busana baru, seperti baju kurung, baju koko, dan busana modern lainnya.

Beli produk kecantikan

Pembelian produk kecantikan pun meningkat selama Ramadan. Ini karena banyak orang yang ingin tampil segar dan menarik di bulan puasa, terlebih saat Lebaran. Ini termasuk pembelian kosmetik, perawatan kulit, parfum, dan produk kecantikan lainnya.

Belanja online meningkat

Banyak orang memanfaatkan platform e-commerce untuk belanja berbagai kebutuhan, mulai dari makanan hingga pakaian dan produk kecantikan.

Promosi dan diskon khusus

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan saat Mudik, Jangan Lupa Minum Vitamin

Banyak toko fisik maupun daring yang menawarkan promosi dan diskon khusus. Tentu saja tujuannya adalah menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan. Tak hanya diskon besar-besaran, tetapi juga hadiah gratis dan penawaran khusus lainnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI