Tips dan Trik Cara Cegah Gula Darah Naik Saat Lebaran

Banyak orang tidak menyadari pentingnya menjaga gula darah sampai sudah terlambat dan mengidap penyakit.

By: Risna Halidi icon Sabtu, 06 April 2024 icon 13:34 WIB
Tips dan Trik Cara Cegah Gula Darah Naik Saat Lebaran

Ilustrasi merayakan Lebaran (Freepik)

Hari Raya Lebaran identik dengan berbagai hidangan lezat dan tradisi makan bersama.

Namun, di balik momen kebersamaan ini, terdapat potensi kenaikan berat badan dan risiko kesehatan akibat konsumsi makanan tinggi gula, karbohidrat dan kalori.

Juan Leonardo, Praktisi Kesehatan mengatakan, banyak orang tidak menyadari pentingnya menjaga gula darah sampai sudah terlambat dan mengidap penyakit.

Dalam riset Diabetes Mellitus–Related AllCause and Cardiovascular Mortality in a National Cohort of Adults (2019), diterangkan bahwa diabetes sangat memengaruhi tingkat kematian dan penyakit lainnya seperti penyakit jantung.

Baca Juga: 4 Gaya Modis Pakai Sarung, Inspirasi Outfit Lebaran

Kadar gula darah yang tinggi serta lonjakan drastis gula darah memiliki kaitan erat dengan potensi terbentuknya berbagai jenis penyakit, nyeri sendi, penuaan dini, hingga kanker.

"Lonjakan drastis gula darah selain menghambat proses pembakaran lemak, memiliki potensi dampak buruk jangka pendek maupun jangka panjang," jelas Juan, dikutip dari siaran pers Sabtu (6/4/2024).

"Mulai dari selalu merasa lelah dan lapar, kualitas tidur buruk, hingga diabetes, penyakit jantung, nyeri sendi, dan kanker," tambahnya lagi.

Pemilik akun media sosial @juan.guladarah ini menambahkan, dalam eksperimen dan pengalamannya, ditemukan tips dasar yang dapat dilakukan untuk membantu menghindari lonjakan gula darah.

Apa saja? Berikut pemaparannya!

Baca Juga: 25 Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris, Cocok untuk Postingan Instagram, Facebook, WhatsAap Story

Ilustrasi gula pasir (Pixabay/Bruno)
Ilustrasi gula pasir (Pixabay/Bruno)

1. Konsumsi Serat
Coba konsumsi serat sebelum makan makanan tinggi gula. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan kaya serat dan rendah gula membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula.

2. Konsumsi Protein
Tambahkan protein dan lemak proporsional dengan karbohidrat yang dikonsumsi. Pilih sumber protein seperti daging, ayam, ikan, telur, atau tempe. Protein dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan menjaga gula darah stabil.

3. Lakukan Aktivitas Fisik
Lakukan aktivitas fisik setelah makan makanan yang mengandung gula. Anda dapat meluangkan waktu untuk berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan yoga setelah makan guna membantu tubuh menggunakan gula darah sebagai energi.

"Tips ini berlaku untuk pria maupun wanita. Secara umum, massa otot pria lebih tinggi daripada wanita. Dan massa otot mempengaruhi metabolisme gula di tubuh."

"Karena itu, latihan beban juga memiliki dampak positif terhadap gula darah," jelas lulusan Beijing University of Chinese Medicine ini.

Juan menambahkan, cara paling ideal adalah dengan tidak membiasakan anak-anak mengonsumsi makanan proses (processed food), dan makanan-makanan yang mengandung gula tinggi.

Baca Juga: Nggak Cuma Berburu Ketupat Berhadiah, Libur Lebaran di Sini Bisa Wisata Sejarah VR Lho! Apa Itu?

Dengan begitu, anak-anak akan cenderung lebih membentuk kebiasaan baik dan tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan.

"Selain itu, mendukung anak untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dibandingkan menghabiskan mayoritas waktu bermain gadget juga cara yang sangat baik," pungkas Juan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI