Mudik Bawa Anak? Ini Pesan Menteri Bintang Puspayoga

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan mudik dengan membawa anak-anak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 April 2024 icon 07:00 WIB
Mudik Bawa Anak? Ini Pesan Menteri Bintang Puspayoga

Ilustrasi perjalanan berkendara bersama anak. (Freepik/drobotdean)

Saat mudik Lebaran, banyak orang mungkin harus melakukan perjalanan lebih lama dari biasanya lantaran jarak tempuh jauh dan kondisi jalan yang padat. Itulah mengapa ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, terutama bila mengajak anak-anak. 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengingatkan para pemudik serta penyedia jasa layanan di posko-posko mudik untuk dapat menciptakan situasi perjalanan yang ramah perempuan dan anak.

"Menjelang puncak arus mudik, jajaran Kemen PPPA telah melakukan peninjauan kesiapan di beberapa rest area. Kami mengimbau seluruh pihak dapat menciptakan situasi mudik yang ramah perempuan dan anak, baik dari sisi penyedia jasa layanan yang memberikan fasilitas yang memadai, maupun kepada para pemudik yang dapat mempersiapkan kebutuhan spesifik perempuan dan anak dengan baik," ujar Bintang, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Asyik! Menginap di Hotel Ini Saat Perjalanan Mudik, Dapat Diskon 10% Lho!

Ilustrasi mudik bersama keluarga (Freepik)
Ilustrasi mudik bersama keluarga (Freepik)

Kerja sama antara suami dan istri sangat penting untuk menciptakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman bagi anak.  

"Tidak hanya kebutuhan pengasuhan anak, namun para suami dan keluarga juga harus berpartisipasi ketika istri maupun saudaranya sedang hamil atau menyusui. Mempersiapkan kebutuhan obat-obatan, breast pad, dan pumping ASI bisa dilakukan oleh para suami untuk meringankan beban perempuan selama dalam perjalanan," terang Bintang.

Guna menunjang kesehatan dan kenyamanan anak selama perjalanan mudik, orang tua tentu juga perlu menyiapkan kebutuhan spesifik bagi anak mereka.

Baca Juga: Baru Terima THR? Pakai Tips Ini agar Tidak Boros dan Menyesal

"Membawa makanan yang bergizi, menyiapkan obat-obatan, menyediakan bahan bacaan dan mainan untuk anak bisa menjadi alternatif bagi orang tua ketika akan mudik bersama anak," paparnya.

Perjalanan panjang seperti mudik rentan membuat anak bosan. Menurut Bintang, orangtua mesti lebih peka. Jika kondisi anak sudah tidak nyaman, lebih baik segera beristirahat di rest area.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Daging, Sajian Istimewa untuk Hari Raya Idul Fitri

Hal yang tak kalah penting, ajarkan anak selalu berhati-hati ketika bertemu orang asing. Harapannya, anak tidak menerima ajakan atau makanan dari orang yang tidak dikenal.
 
"Baik anak maupun perempuan juga harus waspada terhadap tindak pelecehan seksual yang mungkin terjadi ketika dalam perjalanan mudik. Mulai dari meraba-raba, mencium, mencolek, mencubit, menatap, bersiul, hingga memamerkan alat kelamin tidak bisa ditoleransi," ujar Bintang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI