Rekomendasi 4 Novel Horor yang Ceritanya Bikin Merinding

Apakah genre Horor yang memika harus menggunakan simbol agama?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 April 2024 icon 10:45 WIB
Rekomendasi 4 Novel Horor yang Ceritanya Bikin Merinding

Ilustrasi teror hantu. (Unsplash/DESIGNECOLOGIST)

Beberapa waktu lalu, poster dan trailer film horor terbaru berjudul "Kiblat" menarik perhatian warganet. Banyak orang mengkritisi penggunaan simbol agama yang sering digunakan dalam film horor. Bahkan, Ketua Bidang Dakwah MUI, Cholil Nafis, melarang penayangan film "Kiblat" di bioskop Indonesia.

Film maupun cerita horor memang menjadi salah satu genre yang banyak diminati. Kedekatan masyarakat Indonesia dengan mitos membuat genre horor memiliki daya tariknya sendiri. 

Ketertarikan terhadap genre horor juga terlihat dari para pembaca di Cabaca, aplikasi baca dan penerbitan digital. Selain film-film horor yang tayang di bioskop, kamu juga dapat menikmati beberapa novel horor digital berikut yang telah dikurasi dengan baik. 

Baca Juga: Bikin Penasaran Film Ini Gambarkan Keseruan Mudik

Persembahan Terakhir

Karya dari Banyu Biru ini menceritakan Mutia yang memutuskan pergi ke Desa Sindang Sari, desa asal ayahnya. Ia pergi bersama temannya untuk mengobati rasa penasarannya setelah menerima panggilan misterius dari seseorang yang mengaku ibunya. 

Desa itu adalah desa yang menjadi saksi kekejaman penumpasan PKI pada tahun 1965. Hal ini membuat menimbulkan trauma mendalam hingga membuat sang kakek terjerumus pada persekutuan dengan iblis berbadan ular bernama Nyai Sugih Gantari—alasan ayah Mutia meninggalkan keluarga kakeknya. 

Baca Juga: Bikin Merinding, Alyssa Abidin Diganggu Kuyang saat Hamil

Mutia menyedari, jika desa dengan keindahan yang luar biasa itu nyatanya menyimpan banyak rahasia. Ia juga mulai mengalami teror, hingga misteri-misteri yang mengarah pada sesuatu yang lebih besar. 

Mustaka ke-13

Setiap malam Jumat Legi di desa Kantil, tembang Asmarandana mulai terdengar, maka dimulailah malam-malam penuh teror yang mencekam. Pintu-pintu mulai diketuk dan anak-anak kecil mulai hilang. Kepala anak-anak itu dipenggal untuk dijadikan tumbal pesugihan. Tidak berhenti sampai di situ, tubuh tanpa kepala milik anak-anak yang menjadi tumbal mulai bergentayangan, tak terima karena kepalanya hilang.

Penduduk desa percaya, Sukesih biang dari semua teror ini. Sejak kepindahannya, desa mereka jadi mencekam. Apalagi setiap malam Jumat Legi, wanita itu selalu melantunkan tembang Asmarandana. Lagu cinta yang dia persembahkan bagi Darman, pujaan hatinya yang dia bunuh lantaran cintanya tak dibalas.

Karya dari Savariya ini hadir dalam 16 Bab dengan bergenre horor, sekaligus romance hingga thriller. 

Post Meridiem

Sejak dirilis pada Maret 2019, karya dari Daniel Ahmad ini telah berhasil menarik lebih dari 107 ribu pembaca. 

Bercerita mengenai Desa Keruak yang berada di Nusa Tenggara Barat. Di desa itu, setiap pukul 6 sore, sirine dibunyikan. Mereka bersembunyi dan tidak satu pun ada yang boleh keluar.

Ada satu aturan mutlak yang harus dipatuhi oleh warga, yakni, setelah sirene dibunyikan, tidak seorang pun boleh menyalakan lampu atau sumber cahaya apa pun. Warga tahu, ada sesuatu yang bersembunyi di dalam gelap.

Hal itu sudah jadi aturan selama bertahun-tahun, bahkan sebelum Keruak terjamah oleh pemerintah dan belum dilalui jalur listrik. Sudah banyak korban berjatuhan karena melanggar aturan. Setiap korban ditemukan tewas dalam kondisi yang aneh. Tulang, daging, semua organ dalam mereka lenyap. Mayat biasanya hanya berupa kulit dan rambut.

Ante Meridiem

Masih dari penulis yang sama, Ante Meridiem yang memiliki jumlah 34 bab ini menceritakan ritual Roah Segare di Kampung Kelang. 

Para lelaki berkumpul di pinggir pantai. Kapal diutus berlayar mengantarkan sesajian berupa makanan, buah, perhiasan, dan yang paling wajib adalah kepala kerbau hitam, menuju puncak di Gili Selak.  Namun, Roah Segare tidak sesederhana itu.

Para perempuan yang tinggal di rumah tidak kalah sibuk menyiapkan ritual. Api unggun besar akan menyala di puncak Gili Selak. Pertanda dimulainya ritual khusus bagi para gadis. Mereka yang berusia 17 tahun ke atas dan belum menikah, akan dikunci di dalam kamar. Dibekali sebuah kain kafan sebagai selimut, serta harus berpuasa sejak pukul 6 malam, sampai pukul 6 pagi, dan yang paling penting adalah, mereka tidak boleh tidur. Bagi mereka yang gagal menjalankan ritual ini akan mengalami hal buruk, menjadi gila, bahkan kehilangan nyawa.

"Agak sulit ya membuat film horor yang tidak bersinggungan dengan agama karena di Indonesia sendiri, secara culture, cerita horor memang lebih dekat dengan mitos, agama, dan kepercayaan," jelas Fatimah Azzahrah, Co-Founder Cabaca, Kamis (4/4/2024), dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

Meski begitu, bagi orang-orang yang berada di belakang layar film maupun cerita, diharapkan dapat mengeksplorasi keberagaman Indonesia ke dalam karyanya sambil tetap memperhatikan rambu-rambu dan batasan tertentu. 

Baca Juga: Wajib Nonton! Film Kuyang: Sekutu Iblis Yang Selalu Mengintai Tayang Mulai 7 Maret 2024

"Begitu pun bagi kita sebagai penikmat karya, kita dapat memilih secara saksama mana saja karya yang bisa kita nikmati, dan mendukung para kreator dengan tetap menonton atau membaca di situs resmi terkait," imbuh Fatimah Azzahrah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI