3 Tips Kelola THR Anak, Uang Lebaran Jangan Habis untuk Jajan Permen dan Mainan

Begini cara bijak mengelola uang THR yang diterima anak saat Lebaran.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 10 April 2024 icon 10:45 WIB
3 Tips Kelola THR Anak, Uang Lebaran Jangan Habis untuk Jajan Permen dan Mainan

Ilustrasi ibu mengajari anak berhijab (Freepik)

Euforia mendapatkan THR Lebaran tidak hanya dirasakan orang dewasa yang sudah bekerja, tetapi juga anak-anak. Mereka biasanya mendapatkan amplop berisi sejumlah dari keluarga atau kerabat.

Jumlah uang THR yang didapatkan anak-anak bahkan bisa mencapai jutaan Rupiah. Artinya, ada potensi menambah uang simpanan anak untuk kebutuhannya.

Sayangnya, sering kali THR anak habis begitu untuk membeli mainan, permen, atau hal-hal konsumtif lainnya. Apakah tidak bisa dikelola dengan lebih bijak?

Baca Juga: Outfit Shimmer Jadi Tren Baju Lebaran 2024, Ini Fakta Menariknya

Melansir Suara.com, financial flanner sekaligus founder Cerdas Keuangan, Erlina Juwita, berbagi tips mengelola THR anak.

Ilustrasi menerima Tunjangan Hari Raya (THR) (Pixabay/Eko Anug)
Ilustrasi menerima Tunjangan Hari Raya (THR) (Pixabay/Eko Anug)

1. Ajarkan konsep uang

Ini adalah hal utama yang paling penting dilakukan orang tua. Ini karena ketika mendapat THR, terkadang anak tak begitu paham manfaatnya. 

Baca Juga: Baru Terima THR? Pakai Tips Ini agar Tidak Boros dan Menyesal

"Selalu ajarkan anak mengenai konsep uang itu apa. Anak yang sudah berusia empat tahun ke atas, umumnya sudah mampu untuk diajari tentang konsep uang. Orang tua bisa memulai dengan mengajarkan empat hal seperti pendapatan, pengeluaran, menabung, dan berbagi," papar Erlina.

2. Ajari pentingnya menabung

Supaya tak ludes begitu saja, ajarkan anak menabung. Beri penjelasan bahwa THR yang didapatnya bisa disimpan. Orang tua dapat membukakan rekening khusus untuk membiasakan anak menabung dimulai dengan uang THR.

"Silahkan orang tua membukakan tabungan untuk anak-anaknya, sehingga pelan-pelan bisa ngajarin konsep nabung kayak gimana. Setiap anak dapat THR, simpan uangnya ke rekening pribadi anak. Setelah terkumpul, orangtua bisa memanfaatkannya untuk biaya pendidikan atau kebutuhan mendesak misalnya," terang Erlina.

3. Kenalkan jenis investasi

Tak ada salahnya mengenalkan anak dengan jenis-jenis investasi sejak dini. Harapannya, anak jadi terbiasa sering bertambah usia.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Daging, Sajian Istimewa untuk Hari Raya Idul Fitri

Orang tua bisa menyesuaikan investasi anak sesuai dengan jumlah uang yang dimiliki. Jadi, uang yang didapat anak akan terus berputar untuk kebutuhannya, bukannya malah habis begitu saja.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI