10 Tempat Wisata Cianjur, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Cianjur telah resmi masuk dalam wilayah Jakarta sehingga sebutannya menjadi Jabodetabekjur.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 10 April 2024 icon 12:00 WIB
10 Tempat Wisata Cianjur, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Ilustrasi perempuan mengenakan tas ransel saat liburan (Freepik/jcomp)

Baru-baru ini, Cianjur resmi masuk dalam wilayah Jakarta sehingga menjadi Jabodetabekjur. Menariknya, Cianjur juga telah sejak lama memiliki banyak tempat wisata yang cocok dikunjungi saat momen libur Lebaran 2024.

Destinasi apa saja yang bisa dikunjungi? Merangkum akun media sosial resmi Disbudpar Kabupaten Cianjur, berikut daftarnya.

1. Objek Wisata Jangari

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Religi di Indonesia, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Jangari Hills merupakan wisata agrobisnis yang menawarkan panorama ciamik. Lokasinya di Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Cianjur, Jawa Barat.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman dengan luas area sekitar 35 Hektar ini berada di Jalan Mariawati KM 7 Cipanas Cianjur, Jawa Barat. Taman Bunga Nusantara yang berdiri sejak 1995 ini mempunyai banyak koleksi bunga yang tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi seluruh dunia.

Baca Juga: Nggak Cuma Berburu Ketupat Berhadiah, Libur Lebaran di Sini Bisa Wisata Sejarah VR Lho! Apa Itu?

3. Curug Ciastana Cianjur Selatan

Curug Ciastana merupakan air terjun dengan dua tingkatan dengan ketinggian 50 meter. Pada tingkatan pertama, terdapat kolam yang tidak terlalu besar tetapi cukup dalam.

4. Curug Cikondang

Curug Cikondang terletak di kawasan perkebunan teh PTPN VIII Panyairan. Oleh karenanya, wisatawan akan disajikan pemandangan hijaunya bukit-bukit kecil beserta hamparan kebun teh selama perjalanan.

5. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang bukanlah gunung aktif, tetapi lebih tepat dikatakan sebagai bukit dengan ketinggian sekitar 885 mdpl.

Situs Gunung Padang tercatat sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Bentuk bangunan punden berundak mencerminkan zaman megalitikum yang terdiri atas lima teras dan tersusun dengan ukuran berbeda-beda.

6. Little Venice Kota Bunga

Tempat rekreasi ini membuat pengunjung merasa seolah liburan di Venesia, Italia. Destinasi ini dibangun sedemikian rupa agar terlihat seperti kota aslinya, mulai dari desain bangunan, kanal, jembatan, hingga warna dan pernak-pernik lainnya.

7. Curug Citambur

Curug Citambur punya ketinggian sekitar 130 meter dan terdiri dari dua undakan. Lokasi indahnya berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur.

8. Kebun Raya Cibodas

Luas Kebun Raya Cibodas mencapai hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit. Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah terkenal sejak lama di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

9. Curug Ngebul

Curug Ngebul juga memiliki keindahan yang menakjubkan. Destinasi yang terletak di perbatasan antara Kabutapen Bandung dan Cianjur ini layak dijadikan lokasi healing hingga camping bersama keluarga.

10. Curug Pasir Kutu

Baca Juga: Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Tempat wisata Cianjur berikutnya terletak di Kampung Pasir Kutu RT 04 RW 05 Desa Ciguha, Sukanagara, Cianjur Selatan. Destinasi ini baru mulai dibuka warga sekitar pada Januari 2023. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI