5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Konsumsi biji pepaya juga baik kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 24 April 2024 icon 18:15 WIB
5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Buah pepaya. (Pixabay/Couleur)

Buah pepaya mudah ditemui di Indonesia dan disukai banyak orang. Rasanya manis, murah, dan terkenal untuk kesehatan pencernaan. Namun, apakah boleh makan pepaya bersama bijinya?

Banyak orang terbiasa langsung membuang biji pepaya saat ingin mengonsumi buah in. Tak disangka, biji pepaya boleh-boleh saja di makan. Biji pepaya bahkan memiliki berbagai manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Mau coba makan biji pepaya? Kamu bisa menelannya langsung atau dikeringkan terlebih dahulu, kemudian digilang menjadi bubuk. Setelahnya, kamu bisa menaburkan bubuk tersebut pada sajian salad, smoothie atau hidangan lainnya.

Baca Juga: Ingin Bikin Anak Suka Buah? Simak 5 Tips di Bawah Ini

Jadi, apa saja manfaat makan biji pepaya? Melansir NDTV, berikut beberapa khasiat mengonsumsi biji pepaya.

Manfaat Biji Pepaya

Mencegah sembelit

Baca Juga: Tips Membuat Smoothies yang Sehat Tanpa Memberi Campuran Gula

Biji pepaya mengandung enzim papain yang berkhasiat membantu memperlancar pencernaan. Oleh karenanya, konsumsi biji pepaya dapat mencegah masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lain.

Kaya antioksidan dan bersifat antiinflamasi

Adanya senyawa flavonoid dan fenolik yang terkandung dalam biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan meredakan kondisi peradangan seperti arthritis.

Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh

Biji pepaya juga kaya vitamin C. Vitamin C selama ini terkenal berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu produksi kolagen, meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Membantu menurunkan berat badan

Biji pepaya adalah asupan tinggi serat, jadi kamu bisa kenyang lebih lama jika mengonsumsinya. Konsumsi rutin dengan batas wajar dapat membantu menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan jantung

Baca Juga: Mau Coba Makan Pepaya dengan Bijinya Seperti Inul Daratista? Pahami Manfaat dan Risikonya

Biji pepaya mengandung lemak tak jenuh tunggal serta antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Oleh sebab itu, biji pepaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI