Cara Mencairkan Daging Beku, Simak Tips dari Chef Yuda Bustara

Bukan direndam air, begini cara mencairkan daging beku yang aman dan efektif.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 07 Mei 2024 icon 17:30 WIB
Cara Mencairkan Daging Beku, Simak Tips dari Chef Yuda Bustara

Ilustrasi mengolah daging beku (Freepik/serhii_bobyk)

Mengolah stok daging beku tentu saja tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak merusak tekstur, rasa, maupun kualitas daging secara keseluruhan.

Celebrity Chef Yuda Bustara berbagi cara mencairkan daging beku yang benar. Menurutnya, jangan sampai ikut-ikutan salah kaprah dengan merendam daging beku dalam air.

Menurut Chef Yuda Bustara, cara tersebut tak hanya bisa merusak tekstur daging, tetapi juga ada risiko daging terpapar bakteri yang dibawa dari air sehingga dapat membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Mencicipi Masakan saat Puasa Bikin Batal atau Tidak? Simak Penjelasan Berikut

"Nggak disarankan direndam air, karena takut tekstur berubah. Jadi, biarkan suhu daging dari beku turun secara perlahan," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Chef Yuda juga menyarankan tidak dadakan memasak daging beku. Pastikan punya cukup waktu untuk mempersiapkan proses pencairan daging dari sehari sebelum proses memasak.

"Kalau masak daging, direncanakan. Misalnya, mau barbekuan hari Minggu, jadi hari Sabtu sudah ditaruh di luar, atau taruh di bagian kulkas atas. Turunnya pelan-pelan. Jangan taruh di microwave atau direndam air," terangnya.

Baca Juga: Puan Maharani Masak Sayur Lodeh, Ternyata Jago di Dapur

Chef Yuda juga menyoroti kebiasaan orang-orang yang awalnya berencana memasak, tetapi malah ditunda saat daging beku sudah mencair.

"Karena daging itu sudah beku dicairin, terus dibekuin lagi, itu teksturnya udah nggak juicy lagi karena airnya keluar," kata dia.

Jika ingin daging beku cepat mencair, lanjut Chef Yuda, diam dalam suhu ruangan dengan cara ditutup untuk menghindari bakteri. Tak perlu menyiram daging beku dengan air hangat karena lagi-lagi bisa menyebabkan perubahan tekstur daging.

Baca Juga: Sri Mulyani Ternyata Jago Masak, Ini Menu Andalan Menteri Keuangan

"Taruh di suhu ruangan, kira-kira satu jam cukup, terus ditutup. Pakai kain atau apa biar nggak ada lalat supaya tetap bersih," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI