Diungkap Dokter, Begini Ciri-ciri Awal Katarak pada Anak Muda

Ciri-ciri Katarak di Usia Muda, Termasuk Penglihatan Buram?

By: Risna Halidi icon Rabu, 22 Mei 2024 icon 06:00 WIB
Diungkap Dokter, Begini Ciri-ciri Awal Katarak pada Anak Muda

Ilustrasi perempuan menggunakan obat tetes mata (Freepik/stefamerpik)

Katarak tidak hanya dapat menyerang orang tua atau lansia tetapi juga anak muda. Hal itu diungkap oleh dokter spesialis mata JEC Eye Hospitals and Clinics, dr. Brenda Hayatulhaya.

Lalu, bagaimana ciri-cirinya?

"Tanda-tanda katarak pada anak muda termasuk pandangan buram seperti berkabut," kata , dikutip Dewiku dari siaran pers, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Tes Kepribadian: Apa Warna Bola Matamu? Cari Tahu Maknanya di Sini!

Selain penglihatan buram, ciri awal katarak selanjutnya pada anak muda adalah mata keruh yang terjadi secara perlahan, umumnya tanpa disertai mata merah dan tidak nyeri, dan tidak membaik dengan menggunakan kacamata.

Brenda melanjutkan, sekitar 8 juta orang Indonesia mengalami gangguan penglihatan, dengan 1,6 juta di antaranya terancam kebutaan.

"Mirisnya, katarak tak hanya menyerang lansia, tapi juga anak muda," tambahnya lagi dalam acara ‘Bergerak untuk Cegah Katarak’ yang diselenggarakan oleh Campaign, startup pemilik aplikasi kampanye sosial Campaign #ForABetterWorld.

Baca Juga: Ngeri! Akibat Suntik Botox Salah Tempat, Mata Wanita Ini Jadi Kecil Sebelah

Tergerak oleh fakta ini, Campaign berkolaborasi dengan Yayasan Ishk Tolaram Indonesia, organisasi filantropi yang berfokus di bidang edukasi dan akses kesehatan, dalam program inovatif See For a Better World: Restoring Sight, Changing Lives #EyeCareForAll.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan mata dan membantu memerangi kebutaan akibat katarak.

Salah satu rangkaian programnya adalah kampanye digital #EyeCareForAll yang diluncurkan melalui aplikasi Campaign #ForABetterWorld.

Kampanye tersebut berlangsung dari Mei hingga Juni 2024 dan melibatkan 7 komunitas sosial untuk meluncurkan 7 tantangan edukatif dan kreatif tentang pencegahan katarak.

"Dengan berpartisipasi dalam kampanye ini, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran tentang bagaimana pencegahan katarak secara praktis, tanpa perlu keluar rumah, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja," kata Sponsorship & Partnership Manager Campaign, Noriko Adhyanti.

Bukan hanya itu, Noriko juga berharap partisipasi dalam aksi kampanye tersebut juga akan membuka donasi untuk membantu komunitas sosial yang bergerak di isu kesehatan, khususnya kesehatan mata dan kesehatan lansia.

Dr. Rahmat Setiawan, Deputy Program Director, Yayasan Ishk Tolaram Indonesia, berharap, program tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya deteksi dini katarak dan akses terhadap layanan operasi katarak.

Baca Juga: Sudah 2 Tahun Tidur dengan Mata Terbuka, Curhat Pria Gagal Oplas Awet Muda

“Operasi katarak adalah solusi bagi masyarakat yang mengalami kebutaan akibat katarak. Melalui operasi ini, mereka dapat kembali menjalani kehidupan mandiri dan berkontribusi bagi keluarga mereka,” ujar dr. Rahmat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI