Natasha Rizky Gemar Olahraga Lari, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Natasha Rizky memilih berlari untuk membantunya meredakan stres.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 08 Juni 2024 icon 18:00 WIB
Natasha Rizky Gemar Olahraga Lari, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Natasha Rizky (Instagram/natasharizkynew)

Natasha Rizky mengaku senang melakukan olahraga lari. Di tengah aktivitasnya yang cukup padat, sang artis berupaya menyisihkan waktu untuk berlari.

Menurut Natasha Rizky, olahraga lari membuatnya belajar tentang kedisplinan dan melatih fokus. Aktvitas fisik tersebut juga membantunya mengatasi stres.

"Menurut aku, lari itu bener-bener bisa mengalihkan stres," ungkap Natasha Rizky, dikutip dari video yang diunggah akun Instagram lambegosiip, belum lama ini.

Baca Juga: Begini Cara Nana Mirdad Konsisten Terapkan Gaya Hidup Sehat, Awalnya Tak Harus Ngoyo

Natasha Rizky juga mengungkapkan, "Jadi, fokus ke lari. Karena mikirin waktunya, persiapannya, sepatu baru, baju baru. Jadi, makanya, mendingan fokus stresnya dialihkan ke sini."

Olahraga lari bisa seperti yang dilakukan Natasha Rizky bisa dibilang termasuk olahraga kardio paling populer. Ini karena lari adalah olahraga yang cenderung mudah dilakukan dan murah.

Manfaat olahraga lari juga banyak. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, melainkan juga mental. Merangkum WebMD, berikut sejumlah manfaat lari untuk kesehatan mental.

Baca Juga: Brand Kosmetik Ini Sediakan Akses Konseling untuk Depresi dan Kecemasan di Indonesia

1. Meningkatkan fungsi otak

Mereka yang rutin berlari, terutama lansia, dilaporkan punya ketajaman ingatan yang lebih baik dan rentang fokus lebih lama. Mereka juga mendapat nilai lebih tinggi pada tes mental secara keseluruhan ketimbang lansia yang tak terlalu aktif melakukan aktivitas fisik.

2. Bantu memperbaiki suasana hati

Tahukah kamu? Tubuh melepaskan lebih banyak hormon endorfin ketika kamu berlari. Inilah mengapa lari dikatakan bisa membantu membikin suasana hati menjadi lebih baik. Olahraga ini bahkan disebut efektif bantu mengatasi kecemasan dan depresi.

3. Manajemen stres

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Konsisten Olahraga, Rajin Latihan di Pusat Kebugaran

Seperti yang dirasakan Natasha Rizky, manfaat olahraga lari memang berkaitan dengan manajemen stres. Aktivitas berlaku akan mengalihkan pikiran dari berbagai masalah sehingga tubuh merasa lebih tenang. Selain itu, saat berlari, tubuh juga melepas hormon kortisol yang berhubungan dengan ketegangan, kecemasan, stres, dan depresi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI