Fakta Menarik Roti Srikaya, Bikin Selainya Butuh 5 Jam

Selain itu, isian roti srikaya tidak dibuat dari buah srikaya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 09 Juni 2024 icon 16:45 WIB
Fakta Menarik Roti Srikaya, Bikin Selainya Butuh 5 Jam

Sajian roti srikaya (Instagram/rotisrikayaagogo)

Banyak orang senang menyantap roti srikaya yang cita rasa selainya begitu khas. Namun, tahukah kamu berbagai fakta menarik tentang pembuatan selai srikaya?

Roti Srikaya termasuk kudapan khas Pontianak. Camilan manis adalah adalah roti kukus yang disajikan bersama isian selai srikaya.

Lalu, bagaimana selainya dibuat? Saat ini, mayoritas produsen selai srikaya memakai teknik instan yang cuma butuh waktu 45 menit. Namun masih ada yang menggunakan teknik tradisional meski waktu pembuatannya jadi jauh lebih lama.

Baca Juga: Viral Banget, Ini 5 Fakta Menarik Thai Milk Bun

"Proses tradisional sudah jarang ditemui para proses pembuatan selai masa kini yang cenderung memakai teknik instan all in one, sekali masak, yakni sekitar 45 menit saja," ujar pemilik Roti Srikaya Agogo, Ali Hano, dilansir dari Suara.com.

 

Memasak dengan cara kuno bisa dibilang sudah langka dan unik. Namun, hal itulah yang akhirnya menjadi nilai tambah dari selai srikaya.

"Rasa isian roti ini yang mana proses produksinya memakan waktu hampir 5 jam. Bedanya rasa asli kelapa selai instan tidak seharum dengan memakai teknik kuno," papar Ali yang mewarisi resep asli selai srikaya dari sang ibunda.

Baca Juga: 3 Resep Milk Bun, Jajan Roti Viral asal Thailand

Ali pun mengungkapkan, mengolah selai srikaya jelas butuh ketelatenan dan kesabaran. Langkah-langkah dalam prosesnya tidak boleh sembarangan. Jika sampai keliru, bisa membuat adonan selai srikaya langsung gagal.

"Dalam mengolah selai yang berbahan dasar kelapa pun tak boleh tergesa-gesa agar tak cepat basi dan dapat matang sempurna," tuturnya.

Selain itu, belum banyak yang tahu jika selai srikaya bukan dibuat dari buah srikaya. Selai tersebut terbuat dari bahan-bahan seperti santan, gula, telur dan sebagainya.

Baca Juga: Wajib Jajan! Paris Baguette x Lotus Bakeries Hadirkan Menu Musiman Terbaru

Sementara itu, Roti Srikaya Agogo yang baru saja membuka outlet di G-Walk Citraland Surabaya ini menawarkan berbagai varian roti kukus. Selain original, ada pula varian rasa pandan, gandum, cokelat, dan taro.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI