Cara Menyimpan Daging Kurban, Jangan Langsung Masuk Freezer!

Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan daging kurban.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 17 Juni 2024 icon 19:00 WIB
Cara Menyimpan Daging Kurban, Jangan Langsung Masuk Freezer!

Ilustrasi potongan daging kurban yang hendak dimasak (Unsplash/Usman Yousaf)

Selama perayaan Iduladha, biasanya akan mendapatkan daging dari hasil penyembelihan hewan kurban. Hanya saja, daging tersebut mungkin tidak langsung dimasak semua dan memilih untuk menyimpannya sebagian.

Namun, cara menyimpan daging kurban yang salah bisa membuat kualitas daging menurun, bahkan membahayakan kesehatan. Bagaimana cara yang benar supaya daging tetap awet dan kualitasnya terjaga?

Merangkum The Daily Star, di bawah ini adalah beberapa hal yang penting diperhatikan untuk menyimpan daging kurban.

Baca Juga: Cuti Bersama Hari Raya Iduladha 2024, Bisa Libur Panjang?

Ilustrasi mengolah daging beku (Freepik/serhii_bobyk)
Ilustrasi menyimpan daging kurban (Freepik/serhii_bobyk)

Pisahkan daging dari tulangnya

Sebelum dimasukkan ke freezer disarankan untuk memisahkan daging dari tulang. Langkah ini membantu meminimalkan pelepasan cairan sehingga daging tidak cepat bau dan tetap segar.

Kurangi lemak berlebih

Baca Juga: 5 Tips Mix and Match Outfit Iduladha, Sat Set Anti Ribet

Sebelum disimpan, tak ada salah memotong bagian lemak berlebih.  Harapannya, masakan yang dibuat nantinya jadi lebih sehat, misalnya mengurangi risiko kolesterol naik.

Kamu juga bisa sekalian memotong daging kurban menjadi potongan siap masak. Ini bisa memudahkanmu saat ingin memasaknya sewaktu-waktu.

Jangan langsung dimasukkan freezer

Saat menerima daging kurban segar, jangan langsung memasukkannya ke dalam freezer. Lebih baik diamkan dulu pada suhu ruang sekitar 3-4 jam untuk membuat tekstur daging tetap terjaga.

Boleh ditambah bumbu

Sebelum menyimpannya dalam freezer, kamu bisa memberikan bumbu dasar seperti garam. Ini bermanfaat mencegah kontaminasi bakteri pada daging. Selain itu, pastikan untuk membungkus daging dengan baik.

Pakai kantong plastik bening

Baca Juga: Heboh Video Cuci Daging Pakai Sabun, Boleh atau Tidak?

Tentu saja kamu tidak bisa memasukkan daging ke dalam freezer begitu saja. Disarankan untuk membungkus daging menggunakan kantong plastik bening. Kamu pun dapat menyiapkannya dalam kemasan per porsi atau takaran siap masak untuk memudahkan proses pengolahan daging di kemudian hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI