Olahraga Malam Bantu Mengontrol Gula darah, Siap Buktikan?

Olahraga di malam hari disebut efektif menurunkan kadar gula darah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 21 Juni 2024 icon 10:00 WIB
Olahraga Malam Bantu Mengontrol Gula darah, Siap Buktikan?

Ilustrasi olahraga di malam hari (Freepik)

Olahraga rutin dan teratur banyak manfaatnya. Tidak cuma baik untuk menjaga berat badan, tetapi juga berperan menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke, dan kanker.

Aktivitas fisik juga bisa membantu melindungi diri terhadap ancaman terhadap diabetes tipe 2 yang merupakan penyebab kematian tertinggi ke 3 di Indonesia.

Berdasarkan penelitian terbaru, olahraga pada waktu tertentu disebut merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan menurunkan risiko diabetes.

Baca Juga: Erina Gudono Tetap Rajin Olahraga, Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Dilansir dari Express, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity ini menemukan bahwa paling efektif olahraga di malam hari untuk menurunkan kadar gula darah.

Tren olahraga di malam hari. (Shutterstock)
Tren olahraga di malam hari. (Shutterstock)

Data tersebut berdasarkan studi terhadap orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hasilnya, mereka yang melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat di malam hari, menunjukkan tren positif.

Tim peneliti mengungkapkan, olahraga diketahui meningkatkan homeostatis glukosa atau keadaan tubuh dalam mempertahankan kadar gula darah yang konstan.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Smartwatch, Dukung Gaya Hidup Aktif

Lebih detailnya, sebanyak 186 orang dewasa berusia rata-rata 46 tahun yang tergolong kelebihan berat badan atau obesitas berpartisipasi dalam studi cross-sectional ini.

Selama dua pekan, aktivitas fisik dan pola glukosa setiap subjek penelitian dipantau secara bersamaan menggunakan perangkat.

Hasil penelitian menunjukkan, melakukan lebih dari 50 persen aktivitas fisik sedang hingga berat di malam hari memiliki kaitan dengan penurunan kadar glukosa darah siang, malam, dan keseluruhan.

Hanya saja, diterangkan pula bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai waktu optimal aktivitas fisik sedang hingga berat untuk meningkatkan kontrol glukosa darah harian.

Baca Juga: Natasha Rizky Gemar Olahraga Lari, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Bagaimana menurutmu? Mau coba olahraga di malam hari untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuhmu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI