Jalan Kaki Jadi Olahraga Favorit, Efektif Bantu Kurangi Stres

Inilah tren olahraga dan gaya hidup sehat gen Z maupun milenial di Indonesia.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 24 Juni 2024 icon 17:00 WIB
Jalan Kaki Jadi Olahraga Favorit, Efektif Bantu Kurangi Stres

Jalan-jalan bersama hewan peliharaan (Pixabay/Martin dalsgaard)

Tren olahraga belakangan kembali naik daun. Semakin banyak orang dengan bangga membagikan aktivitas fisik yang dilakoni lewat unggahan di media sosial.  

Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui kebiasaan olahraga dan gaya hidup yang diterapkan. Laporan yang melibatkan 4477 responden gen Z dan milenial ini menunjukkan lokasi, waktu, dan tujuan berolahraga; serta gaya hidup sehat yang dilakukan.

Secara umum, 54% responden mengklaim jalan kaki sebagai olahraga yang mereka lakukan. Selain itu, 3 dari 10 gen Z dan milenial mengaku memilih lari sebagai olahraga harian mereka. Olahraga lain yang juga digandrungi adalah bulu tangkis (25%), bersepeda (23%), dan sepak bola (17%).

Baca Juga: Erina Gudono Rutin Olahraga Jalan Kaki, Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil

"Gen Z cenderung lebih aktif dalam olahraga intensitas lebih tinggi seperti lari dan badminton, dibandingkan dengan Millennial yang lebih banyak memilih jalan kaki sebagai olahraga utama mereka. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh gaya hidup, prioritas kesehatan, atau faktor psikologis yang berbeda antara kedua generasi," ujar Lead Researcher Jakpat, Farida Hasna, dilansir dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

Rumah (54%) dan lapangan olahraga (53%) merupakan dua spot favorit berolahraga. Satu dari 3 orang senang beraktivitas fisik di taman.

Terkait frekuensi, sepertiga dari responden mengaku mereka berolahraga sekali seminggu. Hanya 12% yang berolahraga setiap hari. Selain itu, 60% Milenial dan 52% Gen Z mengaku berolahraga di pagi hari. Sebanyak 37% responden juga mengklaim bahwa mereka berolahraga sebelum memulai aktivitas utama, seperti bekerja, sekolah, atau mengantar anak ke sekolah.

Baca Juga: Olahraga Malam Bantu Mengontrol Gula darah, Siap Buktikan?

Ada berbagai alasan untuk berolahraga, antara lain meningkatkan imunitas (58%), mengurangi stress (47%), menyehatkan jantung (39%), dan memperbaiki mood (36%).

Tak hanya fisik, olahraga juga berpengaruh baik bagi kesehatan mental. Delapan dari 10 Gen Z mengaku kegiatan fisik tersebut memberi berdampak positif bagi pikiran mereka.

"Dari riset kami, Gen Z mengungkapkan bahwa aktivitas fisik tidak hanya membantu mereka tetap sehat secara fisik, tetapi juga merupakan alat penting untuk meningkatkan kesehatan mental, seperti mengurangi stres dan meningkatkan mood. Ini berbeda dengan Milenial yang mungkin memiliki pendekatan berbeda dalam mengelola kesehatan mental mereka," tutur Hasna.

Guna mendukung kebiasaan olahraga, masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Sekitar 83% orang mengatakan penting untuk tetap terhidrasi dengan minum air. Sementara berdasarkan kelompok umur, 6 dari 10 milenial sepakat bahwa tidur yang cukup merupakan salah satu gaya hidup sehat yang harus dijaga.

Baca Juga: Cegah Hipertensi, Ini Kebiasaan Buruk yang Pengaruhi Tekanan Darah

Sebanyak 3 dari 10 gen Z mengonsumsi vitamin sebagai suplemen, sedangkan2 dari 5 milenial cenderung makan buah-buahan untuk sarapan. Selain itu, 46% dari responden mengaku mempertimbangkan untuk membeli suplemen yang direkomendasikan petugas kesehatan seperti dokter dan apoteker.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI