Serunya Packrafting di Kali Papah, Wisata Alam Unggulan Kulon Progo Yogyakarta

Suka petualangan? Coba Tour Packrafting Kali Papah, yuk!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 26 Juni 2024 icon 13:00 WIB
Serunya Packrafting di Kali Papah, Wisata Alam Unggulan Kulon Progo Yogyakarta

Keseruan wisatawan mencoba Tour Pakcrafting Kali Papah di Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (22/6/2024). (Dewiku.com/Rima S.I.N.)

Terdapat berbagai cara seru untuk menikmati liburan keluarga di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kalau ingin merasakan sensasi petualangan family friendly, Tour Pakcrafting Kali Papah bisa jadi opsi menarik.

Tour Pakcrafting Kali Papah berlokasi di Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, DIY. Wisatawan bakal diajak berpetualang menjelajahi Kali Papah dengan rute sepanjang kira-kira 1,5 kilometer.

Setiap orang akan ditantang menaiki perayu karet dan mendayungnya sendiri. Arus sungainya tidak terlalu deras dengan kedalaman 50 sentimeter hingga 1,5 meter. Obyek wisata ini terbilang aman untuk pemula, termasuk anak-anak berusia minimal tujuh tahun.

Baca Juga: 3 Destinasi Workcation di Asia Tenggara Favorit Gen Z, Semangat Kerja Sambil Liburan

Sebelum susur sungai, para pengunjung akan mendapat pembekalan singkat dari tim instruktur. Tak cuma soal cara mendayung, tetapi juga berbagai hal terkait standar keselamatan yang mesti diperhatikan.

Meski mendayung sendiri, tidak perlu khawatir. Ada tim pemandu yang mendampingi jalannya packrafting dan selalu siap membantu saat dibutuhkan.

Tour Packrafting Kali Papah adalah wisata kayak pertama di Kulon Progo, DIY. Aliran sungainya berasal dari selokan Kali Bawang sehingga debit airnya dapat dikontrol sesuai kebutuhan, biasanya tergantung jumlah wisatawan.

Baca Juga: Tingkatkan Kreativitas, Begini Cara Seru Ajak Anak Jelajahi Luar Angkasa

Menariknya, destinasi ini rupanya bermula dari pemikiran mulia warga desa setempat. Tour Packrafting Kali Papah diharapkan mendorong perekonomian lokal, termasuk membuka lapangan pekerjaan bagi generasi muda.

"Saya sudah tua. Kalau bisa, saya ingin ninggali [mewariskan] anak putu [cucu] untuk menciptakan lapangan kerja," tutur Supardjan, pendiri wisata di Kali Papah, saat diwawancarai pada Sabtu (22/6/2024) lalu.

Sentolo adalah kawasan industri di Kulon Progo. Kondisi tersebut  membuat Supardjan berpikir tentang peluang wisata alam di Kali Papah untuk sarana melepas penat bagi para pekerja.

Supardjan kemudian mengambil langkah berani dengan menjual sapi miliknya. Uang hasil penjualan menjadi modal awal untuk membeli pelampung.

"Sempat berhenti karena Covid, sempat putus asa. Lalu, ketemu partner packrafting, jadi semakin bisa berkembang," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Banguncipto, Boiran mengungkapkan, Tour Packrafting Kali Papah punya potensi yang luar biasa. Dua tahun terakhir, wisata ini menunjukkan tren positif.

Boiran menambahkan, wisata minat khusus ini juga sudah menjadi salah satu unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Binangun Cipta Mandiri Banguncipto.

"Diharapkan, ke depannya unit usaha ini jadi pemasukan kontribusi asli dari desa," kata sang lurah.

Baca Juga: Tips Traveling di Selandia Baru, Pakai Campervan Makin Seru!

Tour Packrafting Kali Papah menawarkan paket wisata seharga Rp500 ribu untuk lima orang. Artinya, setiap orang cuma perlu membayar Rp100 ribu. Disarankan melalukan reservasi terlebih dahulu secara daring via akun Instagram mystus_packraft dan tourkalipapah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI