Sayuran Unik, Ini 5 Manfaat Artichoke untuk Kesehatan

Apa saja manfaat mengonsumsi sayuran artichoke untuk kesehatan tubuh?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 Juli 2024 icon 20:30 WIB
Sayuran Unik, Ini 5 Manfaat Artichoke untuk Kesehatan

Ilustrasi makan sayuran artichoke (Pixabay/Leopictures)

Kamu mungkin masih belum familiar dengan artichoke. Namun, siapa sangka sayuran berbentuk unik ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Artichoke merupakan tanaman herbal kaya nutrisi, termasuk vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan lemak. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, artichoke banyak diolah menjadi ekstrak untuk produk suplemen.

Apa manfaat artichoke? Merangkum Suara.com, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Jalan Kaki Jadi Olahraga Favorit, Efektif Bantu Kurangi Stres

Artichoke (Pixabay/Leopictures)
Artichoke (Pixabay/Leopictures)

1. Bantu menjaga kadar kolesterol

Artichoke mengandung lutein sebagai antioksidan yang bermanfaat bantu mengendalikan kolesterol, tepatnya LDL atau kolesterol jahat. Konsumsi artichoke juga akan merangsang tubuh agar lebih efektif dalam memproses kolesterol sehingga tidak menjadi jahat.

2. Bantu mengontrol tekanan darah

Baca Juga: Cegah Hipertensi, Ini Kebiasaan Buruk yang Pengaruhi Tekanan Darah

Manfaat ini berkaitan dengan kandungan mineral kalium yang memang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah. Selain itu, beberapa riset menemukan keberadaan enzim eNOS dalam artichoke. Ini merupakan jenis enzim yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah.

3. Kesehatan sistem pencernaan

Artichoke mengandung serat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Asupan serat yang tercukupi akan mencegah berbagai masalah seperti diare dan sembelit.

Salah satu serat yang terkandung dalam artichoke adalah inulin. Ini merupakan jenis serat yang bisa bertindak sebagai prebiotik sumber makanan bakteri baik.

4. Mengontrol gula darah

Ekstrak artichoke disebut bisa bantu memperlambat aktivitas alpha-glucosidase, jenis enzim yang berperan memecah amilum atau pati menjadi glukosa sehingga kadar gula darah dalam darah meningkat. Walau begitu, masih dibutuhkan studi lebih lanjut terkait hal ini.

Baca Juga: Review Resto: Above Food, Sajikan Hidangan Sehat di Pusat Bisnis Jakarta

Itulah beberapa manfaat artichoke yang mungkin belum kamu ketahui. Bagaimana menurutmu? Tertarik mengonsumsi sayuran unik satu ini?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI