7 Cara Mengusir Kantuk di Pagi Hari, Bukan Cuma Minum Kopi

Bagaimana cara mengusir kantuk dan rasa lelah yang kerap dirasakan di pagi hari?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 10 Juli 2024 icon 20:00 WIB
7 Cara Mengusir Kantuk di Pagi Hari, Bukan Cuma Minum Kopi

Ilustrasi perempuan kreatif. (Pexels/Antoni Shkraba)

Banyak mengeluh masih merasa lelah atau mengantuk di pagi hari. Padahal, ada begitu banyak aktivitas yang harus segera dilakukan, mulai dari bekerja, sekolah, maupun kegiatan lainnya.

Melansir Suara.com, ada beberapa cara untuk membunuh lelah dan kantuk bagi kamu yang beraktivitas di pagi hari. Apa saja?

1. Konsumsi minuman berkafein

Baca Juga: 3 Destinasi Workcation di Asia Tenggara Favorit Gen Z, Semangat Kerja Sambil Liburan

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi bisa memicu otak untuk aktif merangsang tubuh agar lebih produktif beraktivitas. Hanya saja, minum kafein saat perut kosong tidak disarankan bagi penderita asam lambung.

Sajian minuman kopi hitam tanpa gula (Unsplash/Michael C)
Sajian minuman kopi hitam tanpa gula (Unsplash/Michael C)

2. Latihan pernapasan

Mengatur pernapasan saat mengawali hari dikatakan bisa menambah daya rangsang otak produktif di pagi hari. Ini berkaitan dengan kebutuhan oksigen yang nyatanya berpengaruh terhadap kondisi fisik seseorang.

Baca Juga: Mau Bekerja di Luar Negeri? Begini Cara Efektif Mempersiapkan Diri

Kamu bisa melakukannya dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan, tahan sejenak, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan 10 kali atau lebih saat kantuk menyerang.

3. Minum air putih

Rasa kantuk di pagi hari bisa terjadi karena dehidrasi. Tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh sangat membantu dalam membuat tubuh lebih bugar. Siapkan satu gelas atau botol air putih yang diletakkan di dekat tempat tidur agar bisa diminum saat bangun tidur.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Sarapan penting untuk mengawali aktivitas pagi. Lebih disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak protein, seperti telur rebus dan susu.

5. Manajemen waktu di depan komputer

Apakah kamu termasuk orang yang beraktivitas seharian di depan komputer? Jika iya, atur waktu untuk sesekali meninggalkan meja kerja. Contohnya, terapkan pola waktu berkerja 20 menit, istirahat 10 menit, atau lainnya.

Terlalu lama menatap layar komputer bisa membuat mata lelah dan bikin suntuk pikiran. Bisa juga menyebabkan sakit kepala karena otot tegang.

6. Olahraga teratur

Kamu bisa olahraga teratur, bisa sebelum atau setelah bekerja. Olahraga berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh yang memengaruhi kebugaran. Disarankan untuk setidaknya olahraga 3-5 kali dalam seminggu.

7. Mengelola stres

Baca Juga: 5 Playground Dewasa di Jakarta, Tempat Healing saat Hidup Lagi Capek-capeknya

Ini berkaitan dengan upaya mengatasi insomnia atau gangguan tidur lainnya. Buruknya kualitas tidur karena waktu tidur yang tidak optimal bisa membuat seseorang selalu mengantuk di pagi hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI