Relationship

Pacaran Lewat Medsos? Ikuti Tips Ini Agar Tetap Aman

Maraknya kasus penipuan berkedok pacaran di medsos membuat kita harus tetap waspada, meskipun dengan 'pacar' sendiri.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

pacaran online/pinterest.com
pacaran online/pinterest.com

Dewiku.com - Penipuan di dunia maya bukan cuma urusan belanja online, pacar online juga banyak yang penipu lho! Kalian tahukan, pacar online itu yang seperti apa? Yup, pacar yang belum pernah ketemu dan kenalannya cuma lewat medsos.

Banyak lho, yang pacaran online sekarang ini. Sebenarnya, pacaran di medsos dan hanya kenal secara online nggak ada salahnya. Toh kita nggak pernah bisa menentukan, dengan siapa kita jatuh cinta?

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum memutuskan pacaran dengan orang yang notabene 'asing' bagi kita. Maraknya kasus penipuan berkedok pacaran di medsos membuat kita harus tetap waspada, meskipun dengan 'pacar' sendiri.

Simak beberapa tips Dewiku.com berikut ini agar tidak teripu dengan pacar yang hanya kenal di medsos.

pacaran online/pinterest.com
pacaran online/pinterest.com

Libatkan sahabat saat baru kenalan

Bukan bermaksud ngerepotin sahabat, tapi sebelum kamu memutuskan pacaran, ada baiknya minta pendapat sahabat tentang calon pacar kamu. Hal ini penting karena sahabat bisa menilai secara netral. Ketika kamu sudah jatuh cinta, maka akan sulit bagimu untuk menilai dengan akal sehat. DI situlah sahabat hadir sebagai orang yang bisa kamu andalkan.

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Jika kamu belum mantap, jangan paksakan dirimu untuk menerima cintanya. Hal terbaik adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang si dia dan mengkomparasikannya dengan informasi yang lain. Hal-hal sepele seperti foto-foto yang berkaitan dengannya, mention dari teman-temannya hingga berkenalan dengan orang dari lingkungannya bisa sangat membantu kamu agar terhindar dari kejadian yang tidak diharapkan pada kemudian hari.

pacaran online/pinterest.com
pacaran online/pinterest.com

Simpan informasi pribadi kamu untuk dirimu sendiri

Artinya, kamu tidak boleh memberitahukan informasi pribadi kepada sembarangan orang, termasuk pacar kamu yang hanya kenalan di medsos. Ketika semuanya berjalan lancar, informasi-informasi pribadi kamu akan aman, namun apa jadinya jika kalian mulai berkonflik? Kamu yakin, dia bisa dipercaya dengan semua informasi pribadi yang kamu bocorkan padanya tempo hari?

Jangan bertemu di tempat yang sepi dan privat

Ini harga mati, Girls! Sebaiknya kamu bisa berpikir jernih dan memikirkan konsekuensi jika bertemu ditempat yang sepi. Mall atau taman bermain akan menjadi tempat yang lebih aman untuk ketemuan. Ajaklah sahabatmu untuk terlibat dalam pertemuan pertama. Karena sekali lagi, sahabat tidak pernah menjerumuskan!

taman bermain/pinterest.com
taman bermain/pinterest.com

Tolak tawarannya ketika ingin mengantar kamu pulang!

Apapun alasannya, kamu tidak boleh diantar pulang oleh pacar barumu. Pertimbangkan resiko yang mungkin terjadi jika dia punya niat buruk denganmu. Sebaiknya kamu bersikap berani dengan berkata tidak, tapi ungkapkan dengan kata-kata yang sopan. Jika dia memang pria baik-baik, pasti dapat mengerti dan tidak memaksakan kehendaknya.

Jangan pinjamkan uangmu

Ini juga penting banget karena banyak orang menggunakan modus pacaran untuk mengeruk keuntungan semata. Kamu harus bisa bersikap rasional dan tidak termakan bujuk rayunya. Apalagi jika kamu baru kenal dan belum pernah bertemu dengannya. Jangan, Girls!

Berita Terkait

Berita Terkini