Relationship

Duh! Pernikahan Mewah dengan Biaya Selangit Rentan Perceraian

Tingginya biaya pesta pernikahan bisa memberikan dampak buruk.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan menikah / Unsplash.com
Ilustrasi pasangan menikah / Unsplash.com

Dewiku.com - Banyak pasangan yang berusaha dan rela mengeluarkan biaya begitu besar demi sebuah pesta pernikahan mewah. Namun, tahukah kamu kalau ada penelitian yang mengatakan jika hal itu berisiko mengancam kelanggengan hubungan? Bahkan, bisa menjadi pemicu perceraian.

Dilansir dari The Independent, profesor ekonomi Andrew Francis-Tan dan Hugo M Mialon menyurvei 3.000 orang yang menikah. Mereka lalu menemukan adanya karakteristik tertentu yang meningkatkan kemungkinan perceraian.

Ternyata, nominal yang dibelanjakan pasangan pada cincin pertunangan dan resepsi berbanding terbalik dengan durasi pernikahan mereka!

Ilustrasi cincin pernikahan / Unsplash.com
Ilustrasi cincin pernikahan / Unsplash.com

Pada item cincin pertunangan, hasil penelitian menyebutkan semakin banyak uang yang dihabiskan, semakin besar kemungkinannya untuk bercerai.  Hal itu terutama saat harga cincin mencapai lebih dari US$2.000 atau sekitar Rp 28 juta.

"Secara khusus, pada sampel lelaki, pengeluaran antara US$2.000 hingga US$4.000 pada cincin pertunangan dikaitkan dengan bahaya perceraian 1,3 kali lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran antara US$500 hingga US$2.000," papar mereka.

Hal serupa juga berlaku untuk biaya pesta pernikahan. Pasangan yang menghabiskan dana kurang dari US$1.000 atau sekitar Rp14 juta menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kemungkinan perceraian. Sebaliknya, pesta pernikahan berbiaya lebih dari US$ 20.000 atau sekitar Rp280 juta memiliki kemungkinan bercerai lebih tinggi hingga 1,6 kali pada sampel perempuan.

Ilustrasi pasangan berbulan madu / Unsplash.com
Ilustrasi pasangan berbulan madu / Unsplash.com

Namun, tidak semua pengeluaran untuk menikah berdampak negatif. Dipaparkan juga meskipun cincin dan pesta pernikahan bisa berdampak buruk terhadap durasi pernikahan, para peneliti menemukan bahwa pergi berbulan madu secara signifikan terkait dengan bahaya perceraian yang lebih rendah.

Jadi, ketimbang menghabiskan uang untuk pesta pernikahan, tampaknya lebih baik menyisakan lebih banyak untuk liburan romantis bersama.

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Pernikahan Berbiaya Tinggi Rentan Perceraian

Berita Terkait

Berita Terkini