Jangan Sedih, Inilah 4 Tanda Persahabatan Harus Diakhiri

Memutuskan hubungan dengan sahabat memang kadang lebih sulit ketimbang putus dengan pacar.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 19 Juli 2018 icon 11:00 WIB
Jangan Sedih, Inilah 4 Tanda Persahabatan Harus Diakhiri

Friendship/Pinterest.com

Girls, tahu nggak sih kalau toxic relationship itu nggak cuma bisa melanda pasangan kekasih tapi juga bisa ke sahabat? Kalau sudah begitu, 'putus' adalah jalan terbaik meski rasanya pasti sulit.

Lalu kapan sih saat yang tepat untuk menentukan persahabatan harus diakhiri?

1. Merasa nggak tulus

Baca Juga: 4 Tips Jitu Selesaikan Masalah dengan Sahabat

Kalau nggak ada lagi ketulusan di antara kamu dan sahabat, bukankah bisa dibilang hubungan kalian sudah nggak bermakna? Sahabat hanya datang ketika butuh bantuan. Kamu pun membantu dengan setengah hati. Sepertinya menyebut hubungan kalian adalah persahabatan itu berlebihan.

Friendship/Pinterest.com
Friendship/Pinterest.com

2. Nggak bisa mengandalkan

Dalam persahabatan tentu kita akan menemukan faktor mutual atau timbal balik. Misalnya nih, saat punya masalah, kamu memilih untuk nggak menceritakannya ke sahabatmu, entah karena kepercayaanmu terkikis atau hal lainnya. Sebenarnya itu sudah pertanda kalau kamu nggak bisa mengandalkannya lagi.

Baca Juga: Nama-Nama Panggilan Sayang dari Sahabat buat Kamu

3. Nggak bisa jadi diri sendiri

Sahabat sejati mestinya mampu menerimamu apa adanya, mengetahui sifatmu luar dalam dan ada di saat susah maupun senang. Tapi kalau kamu nggak bisa jadi diri sendiri dan cenderung jaga sikap saat bersama sahabatmu, wah sudah saatnya kamu menurunkan derajatnya dari sahabat menjadi teman saja.

Friendship/Pinterest.com
Friendship/Pinterest.com

4. Membawa keburukan

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sulit Dapatkan Teman di Lingkungan Baru

Tahu nggak sih, kebiasaan nggak sehat itu bisa menular dalam satu circle, lho. Jadi kalau selama ini sahabatmu malah menjerumuskanmu ke hal-hal negatif, misalnya merokok, minum alkohol, lebih boros, atau mengajakmu untuk selalu malas mengerjakan tugas, masih mau memanggil dia sahabat?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI