Relationship

Kamu Merasa Punya Trust Issue? Coba Kenali Tandanya!

Selalu curiga sama orang? Mungkin kamu punya masalah trust issue.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan sekarwangi

Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan

Dewiku.com - Trust issue atau masalah kepercayaan biasanya muncul karena adanya trauma masa lalu. Trauma ini bisa muncul karena banyak faktor, mungkin bisa dari masalah keluarga, pengkhianatan dalam hubungan pacaran atau persahabatan, dan hal-hal pribadi lainnya.

Masalah ini bisa terjadi pada siapa saja. Orang yang mengalami trust issue akan sulit menaruh kepercayaan pada orang lain tanpa terkecuali. Mereka mempunyai ketakutan tersendiri terhadap pengkhianatan. Akibatnya, selalu memikirkan hal-hal terburuk yang akan terjadi jika mempunyai hubungan dengan orang lain.

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa tanda untuk mengenali tanda-tanda trust issue. Yuk, kenali lebih jauh!

1. Curigaan

Ilustrasi meeting kantor
Ilustrasi meeting kantor

Orang yang mempunyai krisis kepercayaan bakal susah banget untuk nggak curigaan sama orang lain. Perasaan ini bikin kita parno sendiri karena selalu berpikir tentang hal buruk. Ini juga berdampak jelek untuk diri sendiri lho. Hidup jadi nggak tenang kan?

2. Susah untuk berkomitmen

Ilustrasi menikah
Ilustrasi menikah

Nah, orang yang mempunyai trust issue cenderung anti berkomitmen. Mereka menganggap pengkhianatan tidak akan bisa dihindari. Jadi mereka memilih untuk tidak terikat secara emosional.

3. Lebih suka sendirian

Ilustrasi cewek
Ilustrasi cewek

Karena susah percaya sama orang, mereka akan lebih nyaman sendiri dan merasa nggak membutuhkan orang lain melalui hubungan emosional. Akhirnya mereka akan merasa seakan sendirian di dunia ini.

4. Memikirkan hal terburuk

Ilustrasi bersama teman
Ilustrasi bersama teman

Mereka selalu memikirkan hal-hal buruk apa saja yang bisa terjadi. Ketika teman-teman kamu sedang hangout dan nggak ngajak kamu, pasti udah berpikiran mereka akan ngomongin kamu di belakang. Ketika pacar kamu nggak ada kabar selama berjam-jam, kamu langsung berpikir kalo doi lagi jalan berdua sama cewek lain.

Gimana? Apa kalian merasa mengalami 4 tanda mempunyai trust issue seperti di atas? Semoga nggak ya, Girls!

Berita Terkait

Berita Terkini