Relationship

5 Pertanyaan Ini Enggan Dijawab Pacar? Hati-Hati Selingkuh

Coba sekarang lebih peka dengan jawaban pacar atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pasangan kekasih. (Pixabay)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Pixabay)

Dewiku.com - Topik selingkuh sepertinya nggak afdol kalau nggak dibahas dalam sebuah hubungan. Nggak peduli sudah jalan berapa lama, keinginan selingkuh bisa saja menghampiri, dan tentu saja, menjadi pihak yang diselingkuhi itu nggak enak. Sebelum menuduh pacarmu lebih jauh, coba deh cek dulu apakah ia sering menghindar ketika diberi pertanyaan berikut ini.

1. Kok nggak jawab telepon?

''Seseorang yang curang ingin menghindari berbagi terlalu banyak detail sehingga mereka nggak terjebak dalam kebohongan,'' ujar Anita Chlipala, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, mengatakan pada Elite Daily.

''Selain itu, mereka mungkin mencoba membuatmu merasa gila karena mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini sebagai cara mengalihkan perhatian dari keharusan untuk menjawab pertanyaan seperti, ''Apa, sekarang aku harus menjawab panggilanmu 24/7?''

chatting/unsplash.com
chatting. (Unsplash)

2. Kok kamu nggak ngomongin ini lagi? Kok kamu sekarang suka ini?

''Salah satu tanda bahwa pasangan melakukan perselingkuhan adalah perubahan perilaku. Jadi, mereka mungkin sudah sering membicarakan seseorang sebelumnya, dan sekarang berhenti berbicara tentang mereka, atau mulai melakukan sesuatu yang baru,'' Chlipala menjelaskan.

Tapi, nggak setiap kebiasaan baru berarti menandakan pasangan nggak setia kok. Beberapa kebiasaan baru dapat dikaitkan dengan pertumbuhan seseorang. Jadi jangan panik. Hanya karena pacar tiba-tiba tertarik dengan badminton, bukan berarti hubunganmu dalam masalah.

3. Sama siapa? Di mana?

''Pasangan yang selingkuh cenderung menghindari rincian spesifik ketika menjelaskan hal-hal, misalnya, dengan siapa mereka menghabiskan waktu bersama, di mana mereka menghabiskan waktu itu, dan bagaimana mereka mengenal mereka,'' ujar Thomas Edwards, pendiri The Professional Wingman pada Elite Daily.

''Sering kali, ketika ditanya tentang detail itu, mereka akan melewatinya, membuatmu berpikir dirinya nggak penting.''

pacaran dengan orang Korea/pinterest.com
pacaran dengan orang Korea. (Pinterest)

4. Kamu kayaknya ada yang beda, deh. Kamu kenapa?

Pada awal hubungan baru, mungkin sulit untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang berbeda dengan pacar. Tapi ketika sudah bersama dalam waktu cukup lama, pasti mudah untuk mengetahui apakah ia sedang kesal, terganggu atau sedih.

''Mereka mungkin membelokkan atau menyalahkan orang lain atas perubahannya ketika ditanya,'' kata Pricilla Martinez, online coach di situs Blush. ''Jika alasan atau pembenaran mereka nampak nggak sesuai dengan karakter, bisa saja itu pertanda selingkuh.''

5. Gimana kerjaan?

Sebenarnya alasan pacar menghindari pertanyaan ini bisa sangat situasional. Sebab, mungkin beberapa hal nggak berjalan dengan baik di kantor. Jika tidak, mungkin pacarmu sudah lelah dengan pekerjaanya sehingga nggak ingin membawa topik pekerjaan saat kalian sedang berdua.

Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika mereka yang biasanya oke oke saja membicarakan pekerjaan denganmu, mendadak terlihat menghindar dan menutupi sesuatu.

Meski lima pertanyaan di atas bisa digunakan untuk mendeteksi apakah pacarmu benar-benar selingkuh, tapi nggak bisa jadi tolak ukur tunggal, ya. Kalau pacar menghindar sekali dua kali, bukan otomatis mereka sudah selingkuh. Kamu perlu memperhatikan pola dalam perilaku mereka juga.

Berita Terkait

Berita Terkini