Relationship

Pidato RM BTS, Sebuah Kampanye Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Love yourself. Love myself.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Kim Namjoon alias Rap Monster BTS. (Instagram/@bts.bighitofficial)
Kim Namjoon alias Rap Monster BTS. (Instagram/@bts.bighitofficial)

Dewiku.com - Idol group asal Korea Selatan, BTS, kembali membuat bangga para ARMY dan pecinta Kpop secara umum di seluruh dunia. Pidato RM BTS dalam Sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Senin (24/9/2018) waktu setempat, berhasil menyentuh hati banyak orang.

What is your name? Speak yourself.

Pidato RM BTS berakhir setelah dia melontarkan semacam kalimat tantangan kepada para hadirin---dan mungkin semua orang di dunia---untuk ikut dalam kampanye Love Myself yang digagas idol group asuhan Big Hit Entertainment itu bersama UNICEF.

Leader BTS ini sempat tersenyum tipis sebelum menutup pidato singkatnya dengan ucapan terima kasih dalam Sidang PBB bertajuk Generation Unlimited itu.

Bukan hal berlebihan jika RM dan member BTS lainnya bangga mendapatkan banyak tepuk tangan dan pujian dari berbagai pihak. Selama ini, mereka memang bisa dibilang sangat aktif melakukan kampanye mengenai pentingnya mencintai diri sendiri melalui musik dan lagu.

Bukankah suatu kehormatan besar karena bisa menyampaikannya secara langsung ke seluruh dunia melalui Sidang PBB?

BTS menghadiri Sidang PBB. (Instagram/@unicef)
BTS menghadiri Sidang PBB. (Instagram/@unicef)

November 2017, BTS merilis kampanye Love Myself bersama UNICEF. Pesan yang ingin disampaikan sebenarnya sederhana, yakni bagaimana cinta sejati bisa didapatkan setelah mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Kampanye Love Yourself juga diharapkan mampu membantu menghentikan kekerasan terhadap anak-anak serta generasi muda di seluruh dunia. Gerakan itu mendapatkan sambutan positif, terutama dari para penggemar BTS yang akrab disapa ARMY.

Lebih dari USD 1 juta uang donasi terkumpul. UNICEF tentu menggunakannya untuk memberikan kehidupan yang lebih layak dan tanpa rasa takut kepada generasi muda di berbagai penjuru dunia.

Dalam pidato singkatnya, RM BTS juga sempat menceritakan tentang pengalaman masa kecilnya dan bagaimana dia bisa menjadi sukses bersama teman-temannya seperti sekarang.

Lagi-lagi, pemilik nama asli Kim Namjoon ini memilih cara sederhana untuk menyampaikan arti penting menghargai dan mencintai diri sendiri.

''Mungkin saya melakukan kesalahan kemarin. Namun, saya yang kemarin tetaplah bagian dari saya sekarang. Hari ini, saya dengan segala kesalahan saya. Hari esok, saya mungkin dapat menjadi lebih bijak dan itu juga bagian dari diri saya,'' ungkap dia.

''Saya datang untuk mencintai diri saya sekarang, saya yang dulu, dan saya yang saya harapkan ke depannya,'' lanjut dia.

BTS bersama Direktur Eksekutif UN Children Fun dan UNICEF, Henrietta H. Fore. (Instagram/@unicef)
BTS bersama Direktur Eksekutif UN Children Fun dan UNICEF, Henrietta H. Fore. (Instagram/@unicef)

Menurut RM BTS, setiap orang harus mulai memberanikan diri untuk berbicara dan menunjukkan siapa diri mereka masing-masing. Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan dan memiliki banyak ketakutan, tapi itu adalah proses yang membentuk diri menjadi lebih baik.

''Saya akan memeluk diri saya sendiri dengan sekuat tenaga dan mulai mencintai diri sendiri, sedikit demi sedikit.''

Temukan alasan kuat untuk mencintai diri sendiri

Semua harus dimulai dari diri sendiri. Sebelum memperhatikan orang lain, perhatikan diri sendiri dahulu. Saat kamu ingin menolong dan memotivasi orang lain, berikan perlakuan yang sama kepada dirimu sendiri dulu.

Lalu, jika kamu ingin dicintai dan mencintai, cintailah dirimu sendiri terlebih dahulu. Bagaimana kamu bisa memberikan cinta kepada orang lain jika bahkan tidak bisa mencintai diri sendiri?

Jika kamu masih merasa ragu, berikut adalah beberapa alasan terbaik untuk mencintai diri sendiri.

Kim Namjoon alias Rap Monster BTS. (Instagram/@bts.bighitofficial)
Kim Namjoon alias Rap Monster BTS. (Instagram/@bts.bighitofficial)

1. Jadi lebih bahagia

Kamu merasa terlalu kurus? Terlalu gemuk? Kurang cantik? Kurang sukses? Maka, mari kita mulai dari menerima diri sendiri dengan apa adanya. Kamu akan merasa lebih bahagia jika tidak melulu mengeluhkan kekuranganmu.

Itu adalah salah satu cara paling sederhana untuk mencintai diri sendiri. Jangan lagi menggerutu. Kekurangan selalu diciptakan bersama pasangannya, yakni kelebihan.

Cobalah untuk fokus mengembangkan apapun yang menjadi potensi dan kelebihan dirimu. Kamu berhak bahagia dengan menonjolkan kelebihanmu kepada dunia.

2. Kamu punya motivasi untuk mencapai tujuan hidup

Seseorang yang mencintai diri sendiri, biasanya punya komitmen kuat untuk menggapai mimpi dan tujuan hidupnya. Lihatlah RM BTS sebagai contohnya. Dia tahu apa yang dia inginkan dan menemukan cara untuk merealisasikan impiannya.

RM BTS juga memilih tidak begitu peduli dengan omongan orang lain yang meremehkan impiannya. Dia memutuskan untuk percaya kepada dirinya sendiri dan terus berjuang sekuat tenaga.

Ilustrasi perempuan. (Unsplash)
Ilustrasi perempuan bahagia. (Unsplash)

3. Kamu lebih tahan banting

Hidup memang selalu penuh masalah. Namun, kamu akan mampu menghadapi masa-masa sulit itu jika tidak lupa mencintai diri sendiri.

Kamu percaya bahwa apapun yang terjadi, kamu bisa bangkit kembali. Kamu justru bakal tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan tahan banting.

Bukankah salah satu keistimewaan cinta adalah dapat membuat seseorang menjadi lebih kuat demi menjaga orang atau hal lain yang dicintai? Begitu pula dengan mencintai diri sendiri.

4. Menyelamatkanmu dari gangguan mental

Kamu tidak bisa mendakwa mereka yang mengaku mencintai diri sendiri sebagai orang narsis. Gangguan kepribadian narsistik memang bisa bermula dari terlalu mencintai diri sendiri. Namun, mencintai diri sendiri kenyataannya tetap dibutuhkan dalam ‘dosis’ tertentu.

Bahkan, bisa menjauhkanmu dari gangguan mental.

Jika kamu membenci diri sendiri, pikiran negatif tidak akan berhenti menghantuimu. Itulah yang membuat kesehatan mentalmu bisa terancam. Kamu bakal kelelahan karena tidak bisa menerima dirimu sendiri apa adanya.

Dengan mencintai diri sendiri, kamu memberikan izin kepada dirimu sendiri untuk bahagia dan menjadi lebih bahagia. Lebih dari apapun, kamu sadar kalau dirimu berhak bahagia.

Nah, jika sudah selesai dengan urusan dirimu sendiri, tentu mencintai orang lain dan membuat dirimu menjadi pribadi yang pantas dicintai bukanlah hal sulit lagi. Iya, kan?

Semoga kamu semakin menyadari betapa pentingnya mencintai diri sendiri.

Berita Terkait

Berita Terkini