Relationship

4 Fakta Unik yang Terjadi saat Cowok Jatuh Cinta, Penasaran?

Jatuh cinta nggak cuma urusan jantung berdebar saja, tapi juga erat kaitannya dengan stres!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi jatuh cinta. (Pixabay)
Ilustrasi jatuh cinta. (Pixabay)

Dewiku.com - Urusan cinta itu memang nggak ada habisnya untuk dibahas, ya. Apalagi kalau sedang jatuh cinta. Duh, bawaannya happy terus. Tapi ngomong-ngomong soal cinta, kalian penasaran nggak sih apa yang terjadi saat cowok jatuh cinta?

Simak fakta unik seputar cowok yang sedang jatuh cinta di bawah ini.

Cowok akan ketagihan jatuh cinta

Menurut hasil penelitian, jatuh cinta bisa memicu rasa ketagihan dan itu berlaku juga buat cowok. Jatuh cinta akan membuat cowok memikirkan orang yang dicintai sepanjang hari.

Aktivitas itu mendorong ventral tegmental area (VTA) menghasilkan aliran neurotransmitter dopamine ke caudate nucleus dan nucleus accumbens. Inilah yang memberikan sensasi ketagihan pada cowok ketika jatuh cinta.

Love. (Unsplash)
Ilustrasi jatuh cintaa. (Unsplash)

Libido cowok akan menurun

Saat cowok jatuh cinta, dia juga mengalami yang namanya penurunan libido. Hal ini terjadi karena berbagai alasan, seperti faktor pikiran, perasaan, dan pengalaman pribadi. Hal-hal inilah yang akan mempengaruhi chemistry otak.

Ada juga penelitian yang mengatakan jika laki-laki bisa kehilangan ketertarikan karena beberapa faktor, seperti merasa insecure, merasa kehilangan kekuasaan dalam hubungan, atau merasa ada perubahan fisik yang menimbulkan rasa malu.

Cowok dan cewek sama-sama mudah jatuh cinta

Selama ini banyak yang beranggapan jika cewek lebih mudah jatuh cinta, padahal faktanya baik cewek atau cowok, keduanya merasakan hal yang sama ketika jatuh cinta.

Otak akan merespons hal yang sama ketika cewek maupun cowok jatuh cinta. Jadi nggak ada alasan lagi untuk bilang cewek lebih mudah jatuh cinta daripada cowok.

Ilustrasi jatuh cinta. (Unsplash/Aaron Burden)
Ilustrasi jatuh cinta. (Unsplash/Aaron Burden)

Cinta bisa bikin cowok stres

Stres karena cinta ternyata nggak cuma berlaku buat cewek. Cowok juga punya kesempatan yang sama untuk stres karena cinta.

Jadi, ketika merasa tertekan karena cinta, senyawa yang terhubung dengan sirkuit otak menghasilkan berbagai macam reaksi fisik dan emosi. Hal ini yang memicu jantung berdebar nggak beraturan hingga telapak tangan berkeringat.

Wah, jatuh cinta bukan hanya berjuta rasanya untuk para cewek. Banyak fakta unik yang terjadi saat cowok jatuh cinta juga.

Berita Terkait

Berita Terkini