Siap-Siap Kecewa, 7 Tipe Teman Palsu yang Perlu Kamu Tahu

Mungkin mereka ada di sekitarmu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 03 Oktober 2018 icon 20:00 WIB
Siap-Siap Kecewa, 7 Tipe Teman Palsu yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi Teman. (Unsplash)

Manusia tidak dapat hidup sendiri dan butuh sosialisasi, mempunyai teman pun jadi suatu kebutuhan. Kita banyak menghabiskan waktu dengan teman-teman, percaya pada mereka. Namun setelah beberapa saat, sifat asli mereka terlihat. Kita jadi tahu tipe teman seperti apa mereka. 

Mereka mulai mengabaikan saat kita butuh bantuan, bahkan memanfaatkan kita. Hati-hati, mungkin orang yang mengaku teman itu masuk dalam 7 tipe teman palsu berikut ini.

1. Complimenter

Baca Juga: Ini Tanda Dia Menganggapmu Nggak Lebih dari Teman Kencan

Tipe teman palsu satu ini suka menghujanimu dengan pujian dan apresiasi agar bisa cepat dekat denganmu. Kamu perlu curiga apa tujuan mereka mendekatimu.

Itu bisa berarti Complimenter benar-benar tulus atau ada suatu alasan yang sangat khusus dan tidak menyangkut soal persahabatan. Untungnya, sosok teman bertipe Complimenter ini mudah dikenali.

2. Manipulator

Baca Juga: 4 Cara Stop Phubbing saat Kumpul Bareng Teman

Manipulator bisa jadi tipe teman palsu yang paling berbahaya dan susah dikenali. Seorang teman yang tulus akan selalu memikirkan perasaanmu, tapi tidak dengan Manipulator.

Manipulator hanya menganggapmu sebagai pion catur yang dijalankan untuk mendapatkan apa yang mereka mau. Jangan berharap Manipulator akan bertahan setelahnya.

Ilustrasi Teman. (Unsplash)
Ilustrasi Teman. (Unsplash)

3. Social Climber

Seperti Manipulator, mereka hanya bergaul dengan orang yang sesuai dengan mereka. Mereka tidak memperhatikan perasaan atau keinginan orang lain.

Social Climber melihat teman sebagai pakaian atau barang mahal, sesuatu yang membuat mereka terlihat bagus.

4. Copy Machine

Tipe ini cenderung bertingkah seperti penggemar. Copy Machine bersedia untuk menjatuhkan atau memperbaiki karakter mereka sendiri demi meniru kamu.

Tujuan mereka bisa saja karena ingin mengubah diri. Jika tidak, mungkin ada aspek kepribadian kamu yang ingin mereka miliki juga.

5. Pretender

Pretender adalah sosok yang bisa ramah dan menyenangkan. Sayangnya, tidak ada kesetiaan dalam dirinya.

Mereka senang berpura-pura menjadi temanmu. Ketika ada hal buruk terjadi padamu, mereka tidak segan akan pergi dan tidak mengakuimu sebagai teman. Tipe teman palsu banget, tuh.

Ilustrasi Teman. (Unsplash)
Ilustrasi Teman. (Unsplash)

6. Cheater

Tidak seperti tipe teman palsu lainnya, Cheater mungkin pernah menjadi sosok teman sejati. Mereka mungkin sempat menganggapmu penting dan sebaliknya.

Cheater adalah orang yang tetap bertingkah sebagai teman namun diam-diam melakukan sesuatu yang mengkhianati kepercayaanmu. Sayangnya, tipe Cheater ini hanya dapat dikenali setelah mereka berkhianat.

7. Rival

Rival adalah tipe yang paling halus dari semua tipe teman palsu. Mereka suka bersaing untuk membuktikan siapa yang lebih baik. Setiap pencapaian yang telah kamu lakukan adalah sebuah tantangan di mata mereka.

Parahnya adalah ketika mereka kalah, mereka tidak akan berhenti merusak kesenanganmu. Sosok Rival akan berhenti menjadi teman dan berubah menjadi musuh.

Baca Juga: Hindari Mengatakan Kalimat Berikut Ini pada Teman yang Baru Putus

Semoga kamu tidak sedang menghadapi orang-orang yang termasuk tipe teman palsu, ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI