Broken Heart seperti Selena Gomez? Ini Fakta tentang Patah Hati!

Cinta dan kehilangan cinta sama adiktifnya dalam tubuh manusia!

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 17 Oktober 2018 icon 11:30 WIB
Broken Heart seperti Selena Gomez? Ini Fakta tentang Patah Hati!

Broken heart seperti Selena Gomez. (Instagram/@selenagomez)

Belum lama ini santer pemberitaan tentang Selena Gomez yang broken heart mendengar berita tentang pertunangan mantan pacarnya, Justin Bieber dan Hailey Baldwin. Banyak media yang memberitakan jika Selena Gomez sangat down hingga masuk pusat rehabilitasi. Separah itukah dampak patah hati pada seseorang? Biar nggak penasaran, simak fakta tentang patah hati berikut ini.

Cinta bikin kamu ketagihan!

Sebuah penelitian di Yeshiva University, New York, Amerika Serikat, menemukan bahwa cinta ibarat zat narkotika yang membuat efek ketergantungan. Hal ini sangat buruk, terutama ketika seseorang merasakan patah hati.

Baca Juga: Miris, 4 Zodiak Ini Sering Punya Kisah Putus Cinta Menyedihkan

Persis seperti orang ketagihan narkoba, saat seseorang kehilangan cinta, tubuh akan merespons dengan rasa ingin mengonsumsi sesuatu sebagai kompensasi dari kehilangan 'narkotika' yang biasa mengisi keseharian.

Ilustrasi patah hati / Pexels.com
Ilustrasi patah hati . (Pexels)

Riset ini sangat spesifik karena menggunakan pemindai otak untuk merekam aktivitas 15 mahasiswa yang baru saja diputuskan oleh kekasihnya. Umumnya, mahasiswa tersebut mengaku masih cinta dengan mantannya tersebut.

Ketika para mahasiswa patah hati ditunjukkan foto mantan pacar, otaknya memberi tanggapan beragam. Ada yang merasa lapar, emosi hingga bersikap seperti kecanduan kokain.

Baca Juga: Menarik, 5 Fakta Cewek yang Sering Bikin Cowok Nggak Abis Pikir

Ada juga yang merespons dengan cara penolakan cinta romantis, seperti mendorong perilaku ekstrem. Beberapa yang disebutkan adalah ingin membunuh, bunuh diri dan terobsesi dengan masa lalunya tentang cinta.

Ilustrasi patah hati / Pexels.com
Ilustrasi patah hati. (Pexels)

Mengkonsumsi cokelat bisa meredakan patah hati

Untuk mengatasi hal ini, orang yang patah hati bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan adiksi mirip dengan cinta, seperti cokelat dan wine.

Fakta cokelat sebagai pereda patah hati bukan mitos belaka. Makan cokelat mampu meningkatkan endorphine yang berfungsi meningkatkan rasa senang dan menghilangkan nyeri pada tubuh. 

Endorphine adalah suatu zat hormon yang diproduksi di dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan rasa senang dan menghilangkan rasa nyeri. Jadi, ketika kamu patah hati, sangat direkomendasikan mengkonsumsi cokelat Girls!

Baca Juga: Wajib Baca, Ilmuwan Temukan Cara Cepat Move On dari Mantan

Ilustrasi cokelat. (Pixabay)
Ilustrasi cokelat. (Pixabay)

Seandainya mengatasi patah hati semudah mengunyah satu bar cokelat, mungkin Selena Gomez dalam kondisi yang fit saat ini, mengingat kekayaannya yang memungkinkan dia membeli satu cokelat lengkap dengan pabriknya sekaligus!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI