Relationship

Wajah Mirip Tanda Berjodoh, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Apakah kamu dan dia punya wajah mirip?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Dani Vivanco)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Dani Vivanco)

Dewiku.com - Kamu pasti sudah sering mendengar tentang pasangan yang diyakini berjodoh biasanya punya wajah mirip satu sama lain. Banyak yang bilang kalau itu cuma mitos. Namun, ternyata ada studi ilmiah yang sudah membuktikan kebenaran dari asumsi tentang wajah mirip tanda berjodoh.

Dilansir dari Times of India, semakin lama menjalin hubungan, dua orang yang berpasangan akan saling menyesuaikan, baik dari segi fitur dan kepribadian. Fenomena ini disebut konvergensi penampilan.

Menurut seorang psikolog di University of Michigan, Amerika Serikat, bernama Robert Zajonc, semakin tinggi tingkat kemiripan wajah pasangan, semakin bahagia hubungan mereka.

Menurut Zajonc, wajah mirip adalah bukti kalau pasangan bersangkutan saling berbagi emosi selama beberapa tahun bersama.

Ilustrasi wajah mirip tanda jodoh. (Unsplash/Tyler Nix)
Ilustrasi wajah mirip tanda jodoh. (Unsplash/Tyler Nix)

Ada banyak faktor yang secara tidak langsung membuat wajah pasangan menjadi semakin mirip satu sama lain. Soal pola makan, misalnya. Zajonc mengungkapkan, mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya berkontribusi dalam pembentukan jaringan lemak yang serupa pula.

Apakah kamu juga sering menirukan ekspresi wajah pasangan? Sadar atau tidak, kebiasaan itu bisa membuat wajahmu dan dia menjadi lebih mirip. Zajonc menduga hal ini ada kaitannya dengan otot-otot wajah yang terlatih setiap kali menirukan ekspresi wajah pasangan.

Ilustrasi bertemu jodoh. (Unsplash/David Thomaz)
Ilustrasi bertemu jodoh. (Unsplash/David Thomaz)

Pada awal menjalani hubungan, kamu dan dia mungkin tidak merasa memiliki kemiripan apapun. Namun, seiring berjalan waktu, entah kenapa orang-orang sering menganggap kalian punya wajah mirip.

Hal itu rupanya ada hubungannya dengan ikatan batin yang telah terjalin di antara kalian. ''Kedekatan secara psikologis juga memainkan peranan penting dalam membuat dua insan mengalami kemiripan wajah,'' kata Zajonc menerangkan.

Masih menganggap kalau wajah mirip tanda berjodoh hanyalah mitos? Kemiripan ini sebenarnya bahkan tidak terbatas pada wajah saja, melainkan juga kebiasaan dan karakter diri.

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Studi Ungkap Alasan Orang yang Berjodoh Wajahnya Mirip

Berita Terkait

Berita Terkini