Dapat Label Super Supel, Ini Sifat Rahasia Orang Ekstrovert

Nggak semua orang ekstrovert itu selalu percaya diri, Girls.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 01 November 2018 icon 17:30 WIB
Dapat Label Super Supel, Ini Sifat Rahasia Orang Ekstrovert

Ilustrasi cewek ekstrovert. (Pixabay)

Siapa yang merasa dirinya ekstrovert? Pasti kalian udah sering banget kan, dapat label supel sama orang-orang? Sadar nggak kalau ternyata ada beberapa rahasia di balik orang ekstrovert, lho.

Biar nggak salah paham, berdasarkan penjelasan dalam Myner Brigss Type Indicator, ekstrovert adalah kecenderungan individu mendapat energi dari rangsangan eksternal. Maksudnya yaitu rangsangan yang efektif bagi ekstrovert untuk membuatnya merasa berenergi datang dari luar, entah itu lingkungan atau orang lain.

Ini berbanding terbalik sama intorvert yang rangsangannya berasal dari dalam diri. Dengan kata lain, introvert lebih senang tenggelam dalam alam pikirannya sendiri ketimbang meminta pendapat dari lingkungan atau orang lain.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini 5 Mitos tentang Orang Introvert

Orang Ekstrovert lebih senang menge-charge dirinya dengan mengikuti kegiatan di luar dan bertemu dengan teman-teman. Sementara itu, introvert lebih senang berkutat dengan alam pikirannya sendiri, dan biasanya sering diwujudkan lewat menulis, melukis, atau membaca.

Nah, karena kecenderungan ini, baik ekstrovert maupun introvert jadi punya label masing-masing. Intorvert punya label pemalu dan nggak suka bersosialisasi. Sedangkan ekstrovert labelnya digamabarkan suka datang ke tempat ramai seperti pesta atau konser dan nggak bisa hidup sendirian.

Ada satu kata dominan yang menggambarkan sosok ekstrovert, yaitu supel. Padahal ada beberapa rahasia di balik orang ekstrovert, lho. Apa aja, sih?

Baca Juga: Kamu Bisa Ambil Pelajaran Hidup Ini dari Seorang Introvert

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)

 

1. Bisa merasakan sedih dan terpuruk

Orang ekstrovert cenderung mempunyai karakter yang outgoing. Jadi, kesan itu membuat orang lain menganggapnya sebagai sosok yang selalu ceria dan nggak mudah tersinggung, sehingga mereka dikira jarang merasakan sedih dan terpuruk.

Orang ekstrovert kan juga manusia, Girls. Pasti mereka juga bisa merasakan sedih dan terpuruk. Namun, kebanyakan dari mereka akan menyembunyikannya di depan orang banyak.

2. Bisa hidup sendiri dan mandiri

Suka berinteraksi sama orang lain untuk mengisi ulang mereka membuat orang ekstrovert sering dikira nggak bisa sendirian. Padahal mereka juga dapat menikmati hidup sendiri dan mandiri karena bisa lebih produktif menjalani keseharian. Bagi orang ekstrovert, me time itu juga sangat penting.

 

Ilustrasi cewek sendiri. (Unsplash)
Ilustrasi cewek sendiri. (Unsplash)

 

3. Bisa minder juga

Seorang ekstrovert biasanya mendapatkan ekspektasi selalu percaya diri, terutama dalam hal berbicara di depan umum. Padahal, nggak semua ekstrovert selalu percaya diri, lho. Mereka juga bisa punya sifat pemalu seperti kebanyakan orang lain.

4. Sering dikira flirting ke lawan jenis

Beberapa orang ekstrovert memang cepat akrab dengan orang baru. Nggak jarang mereka juga menggoda lawan bicara. Tujuannya semata-mata untuk mencairkan suasana alias membuat orang lain juga ikutan merasa akrab.

Baca Juga: Kamu Punya Pasangan Introvert? 4 Cara Ini Bisa Membantumu

Sayangnya, kadang sikap ini yang membuat orang di sekitarnya jadi salah paham, GR, atau bisa sampai baper. Padahal maksud mereka nggak seperti itu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI