Relationship

Tips Beradaptasi dengan Orang yang Tidak Kita Suka

Kesal sih, tapi harus dihadapi.

Stephanus Aranditio | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi rapat di kantor. (Pixabay)
Ilustrasi rapat di kantor. (Pixabay)

Dewiku.com - Semua orang tentu ingin bergaul dengan orang-orang yang menyenangkan. Namun terkadang kita harus masuk ke dalam situasi sosial dengan orang yang tidak kita suka, entah itu di lingkungan kerja atau lainnya.

Lalu bagaimana caranya agar bisa beradaptasi dalam situasi tersebut? Dilansir dari Dailymail, pelatih sukses dari Australia, Lisa Stephenson, berbagi tipsnya, yuk simak!

1. Jadilah dewasa
Taktik pertama yang perlu kamu adopsi adalah bahwa kamu harus menjadi orang yang dewasa, baik secara sikap dan pemikiran. ''Bangkitlah dari perilaku kekanakan dan identifikasi solusi, yang mungkin sesederhana menyingkirkan dirimu terlibar terlalu dalam dari lingkungan tersebut,'' ungkap Lisa.

Ilustrasi meeting kantor
Ilustrasi meeting kantor. (Pixabay)

2. Hormati (hampir) semua orang
Cobalah temukan apa yang bisa kamu hargai tentang orang tersebut. ''Jangan fokus pada hal-hal negatif dan hal salah apa yang mereka lakukan. Secara sengaja, mulailah percakapan positif tentang topik yang kalian berdua nyambung,'' ujar Lisa.

3. Pilih situasi untuk berargumen
Di satu sisi, mungkin ada sesuatu yang tidak perlu dipedulikan dan lebih baik dibiarkan begitu saja. Namun di sisi lain, jika kamu sudah merasa dirugikan, sikap tegas harus diambil. Temukan cara untuk membagi argumen dan mempertahankan kebenarannya.

4. Tahan ego
Sebagai orang dewasa, kita sering berjuang untuk menerima kenyataan bahwa kita tidak selalu benar. Sayangnya terkadang ego lebih besar sehingga kita cenderung berupaya terlihat benar. Alih-alih bertindak seperti itu, tetaplah tenang dan tahan ego supaya situasi tidak tambah runyam.

teman-kantor/pexels.com
teman-kantor/pexels.com

5. Bersikap strategik
Jangan hanya mengikuti kata hati untuk terus meladeni orang yang tidak kamu suka di kantor. Pertimbangkan hasil kerja yang kamu inginkan dan lakukan apa yang diperlukan untuk mencapainya. ''Mungkin ini akan mengharuskan Anda berkompromi atau melepaskan sesuatu untuk sampai ke sana,'' ungkap Lisa.

6. Be positive
Terakhir, Lisa mengatakan bahwa perlu disadari bahwa dunia tidak berputar di sekitar kita. Mungkin kita pernah berpikir ''Jika semua orang seperti saya, dunia akan menjadi luar biasa,'', tetapi hal itu tidak akan mungkin terjadi.

''Mampu memiliki percakapan dan interaksi yang sehat dan terhormat dengan semua jenis orang adalah keterampilan yang berharga,'' kata Lisa. Maka dari itu, ia menyarankan untuk tetap menyikapi perlakuan orang yang tidak kita suka dengan positif.

''Menghargai gaya perilaku dan berpikir yang berbeda dengan dirimu sendiri sebenarnya bisa memberi perspektif baru,'' tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini