Relationship

Kenapa Move On Itu Susah? Ini Alasannya

Cobalah untuk mengikhlaskan masa lalu, biar cepat move on.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Motoki Tonn)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Motoki Tonn)

Dewiku.com - Move on selalu menjadi kata kerja yang melelahkan untuk sebagian orang. Tak dipungkiri banyak yang merasa gagal move on dari masa lalu. Memangnya, kenapa move on itu susah?

Berpisah dengan orang yang kita cintai dengan alasan apapun memang menyakitkan dan menyedihkan. Wajar saja jika itu kemudian terasa sulit untuk dilupakan. Fase galau memang sangat berat. Tak heran jika banyak orang yang perlu waktu lama untuk melaluinya.

Apakah kamu termasuk orang yang susah move on? Atau bahkan ternyata sampai saat ini belum berhasil move on? Jika kamu merasa seperti itu, di bawah ini ada beberapa alasan kenapa move on itu susah.

1. Muncul rasa bersalah

Rasa ini biasanya akan muncul ketika kamu baru saja berpisah dengan mantan pacar. Di dalam pikiranmu, bukan memikirkan bagaimana cara melupakan mantan, namun mencari cara memperbaiki kesalahan untuk menyelamatkan hubunganmu yang sudah berakhir itu.

Suatu hubungan adalah tanggung jawab kedua belah pihak. Jika sudah tak bisa bertahan dan diselamatkan lagi, berarti kalian berdua sama-sama kalah, tak ada yang menang.

Jangan terlalu menyalahkan dirimu dengan apa yang sudah terjadi. Itu akan membuatmu semakin tidak bisa move on dari masa lalu.

Ilustrasi perempuan sedih karena jadi korban selingkuh. (Unsplash/Riccardo Mion)
Ilustrasi perempuan sedih. (Unsplash/Riccardo Mion)

2. Ada masalah yang belum selesai

Biasanya hal ini akan terjadi ketika hanya satu pihak saja yang memutuskan hubungan. Pihak satunya menjadi bertanya-tanya, ‘apa yang terjadi?’, ‘ada apa?’, ‘kenapa bisa begini?’. Selain itu akan menjadi berandai-andai. 'Seandainya dulu....’.

Bertanya-tanya dan berandai-andai ini lah yang membuat move on menjadi sangat susah. Kamu harus belajar merelakan dan ikhlas, sebab tak semua pertanyaan harus ada jawabannya dan tak semua mimpi bisa terwujud.

3. Pola hidup yang berubah

Semakin lama dan semakin dekat hubunganmu dengan mantan pacar akan berpengaruh terhadap dengan pola hidup. Ini bakal berpengaruh sangat besar, baik bagi pikiran, emosi, hingga keseharianmu.

Biasanya pasangan akan membantu untuk menyeimbangkan kehidupan seseorang. Jadi ketika mengalami putus cinta, kamu akan terganggu dengan berubahnya pola hidup sehingga menjadi susah move on.

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)

4. Merasa kesepian

Rasa kesepian yang terus menerus hadir akan membuat orang yang sedang mengalami putus cinta menjadi susah move on. Putus cinta akan membuat seseorang kehilangan orang yang setiap hari ada untuk memperhatikannya. Inilah yang menyebabkan selalu teringat masa lalu.

5. Ingin cepat move on

Salah satu alasan kenapa move on itu susah adalah ingin cepat-cepat ‘lupa ingatan’ dengan masa lalu. Banyak orang yang akan menyibukkan diri setelah putus cinta. Mereka tak ingin sedih dan mengingat apa yang telah terjadi.

Padahal jika seperti itu, mereka malah tidak memberikan waktu bagi diri sendiri untuk bersedih dan menikmati kesedihan tersebut. Sebab, fase hidup apapun harus dilewati bukan dilangkahi.

Jika terlalu memaksakan diri untuk cepat move on, itu akan membuat rasa sedih, kecewa, marah, dan perasaan lainnya akan mudah datang secara tiba-tiba. Itulah kenapa kamu jadi susah move on.

Berita Terkait

Berita Terkini