Relationship

Penting, Ini 5 Cara Membangun Rasa Percaya di Dalam Hubungan

Pelan-pelan tapi pasti tanpa mengintimidasi.

Angga Roni Priambodo | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi pasangan berpelukan. (Unsplash/Niver Vega)
Ilustrasi pasangan berpelukan. (Unsplash/Niver Vega)

Dewiku.com - Kunci utama di dalam sebuah hubungan adalah saling percaya. Nah, ada beberapa cara membangun rasa percaya di dalam hubungan asmara tanpa harus saling membebani satu sama lain, lho.

Memang membangun rasa saling percaya kadang terasa berat dan penuh beban pada awalnya. Namun, harus tetap berusaha untuk membangun kepercayaan dengan pasangan.

Beberapa cara sederhana sebenarnya bisa menjadi usaha jika dilakukan dengan baik dan benar. So, coba simak cara membangun rasa percaya di dalam hubungan di bawah ini.

1. Menepati janji

Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)
Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)

 

Cara awal untuk membangun rasa saling percaya di dalam hubungan adalah menepati segala janji yang sudah dibuat. Kalau terpaksa tidak bisa memenuhi sebuah janji, coba berikan alasan yang jujur.

Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan memberikan solusi untuk menebus janji yang tak bisa ditepati tersebut.

Ketika kalian berdua sudah bisa saling menepati janji, maka rasa saling percaya nantinya akan mulai muncul dengan sendirinya.

2. Terbuka dan jujur tentang masa lalu

Saling terbuka dan jujur tentang masa lalu kepada pasangan itu sangat penting. Saat kalian sudah bisa saling terbuka yang berkaitan dengan hal-hal yang cukup sulit di dalam hidup, itu akan membangun rasa empati dan percaya secara alami.

Dengan begitu di dalam hubungan akan ada perasaan untuk saling menjaga dan menghargai. Terbuka tentang masa lalu atau kenangan buruk juga membuat kalian tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

3. Boleh cemburu tapi jangan berlebihan

Pasangan kekasih. (Unsplash/Wesley Balten)
Pasangan kekasih. (Unsplash/Wesley Balten)

 

Memang rasa cemburu bisa juga sebagai tanda cinta dan peduli. Namun kalau cemburunya berlebihan juga nggak baik. Malah akan timbul rasa curiga.

Kalau sudah berkomitmen, memang harus ada usaha dari keduanya untuk menjaga hal tersebut. Di sinilah rasa percaya diperlukan agar tidak ada lagi rasa ragu di antara kalian.

4. Jangan paksa pasangan untuk langsung berubah

Tak ada manusia yang sempurna, begitu pula dengan pasangan. Semua pasti mempunya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Daripada memaksa pasangan untuk langsung berubah, lebih baik untuk berusaha saling menerima dan menyesuaikan diri.

Dari situ lah akan muncul rasa percaya yang bisa tumbuh tanpa membebani diri satu sama lain.

5. Banyak luangkan waktu bersama

Ilustrasi pasangan kekasih tidur bersama. (Unsplash/Sweet Ice Cream Photography)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Sweet Ice Cream Photography)

 

Ketika kalian menyempatkan untuk meluangkan banyak waktu bersama, manfaatkan sebaik-baiknya. Kalian akan menghabiskan waktu untuk mengobrol santai, curhat, hingga bertukar pikiran.

Ini akan membuat kalian bisa berbagi cerita. Berusaha untuk menciptakan rasa nyaman saat mengobrol akan membuat kalian bisa semakin terbuka satu sama lain.

Berita Terkait

Berita Terkini