Perempuan Lebih Lihai Menyembunyikan Perselingkuhan, Ini Studinya

Jadi, bukan lelaki yang lebih pintar menyembunyikan perselingkuhan, nih?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 18 April 2019 icon 21:30 WIB
Perempuan Lebih Lihai Menyembunyikan Perselingkuhan, Ini Studinya

Perempuan mengenakan basic coat. (Unsplash/Max Apanasenko)

Siapa yang lebih lihai menyembunyikan perselingkuhan? Para lelaki atau perempuan? Sebuah studi terkini yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Open Science mengungkap jawabannya.

Dalam studi tersebut, dipaparkan bahwa lelaki umumnya mengalami kesulitan dalam mendeteksi perempuan tidak setia. Dikutip dari NY Post, perempuan umumnya lebih lihai dalam menyembunyikan perselingkuhan yang dia lakoni  dibandingkan dengan lelaki.

Peneliti di University of Western Australia mengumpulkan foto dari 101 lelaki Kaukasia dan 88 perempuan. Mereka diminta mengungkapkan kepada peneliti apakah mereka pernah berselingkuh.

Baca Juga: Cara Unik Menghukum Pelakor, Dibikin Malu Pakai Poster Jalanan

Peneliti juga mengumpulkan 1.500 orang dewasa untuk menganalisis mana saja perempuan tidak setia.

Ilustrasi pria selingkuh. (Shutterstock)
Ilustrasi pria selingkuh. (Shutterstock)

Para ahli menemukan bahwa baik lelaki maupun perempuan mampu memprediksi perselingkuhan di antara lelaki. Namun, keduanya tidak mampu menilai kaum hawa seperti apa yang doyan selingkuh.

Dari foto-foto yang terkumpul, disimpulkan bahwa laki-laki yang tergolong maskulin lebih cenderung dianggap rentan berselingkuh. Sementara untuk perempuan, tidak ada mimik tertentu yang identik dengan kecenderungan doyan selingkuh.

Baca Juga: Viral, Video Istri Memergoki Suami dan Selingkuhannya di Hotel

Task sedikit pula  responden yang mengasosiasikan perempuan seksi sebagai sosok yang tidak setia.

Ilustrasi model seksi. (Unsplash/Verne Ho)
Ilustrasi model seksi. (Unsplash/Verne Ho)

Psikiater yang bepraktik di Manhattan, Dr. Kenneth Rosenberg, mengatakan hasil survei menunjukkan bahwa 20 persen lelaki rentan selingkuh, tapi menurutnya jumlah ini stabil dalam 20 tahun terakhir.

Sementara presentase kaum hawa yang selingkuh mencapai 15 persen. Walau tergolong kecil, siapa sangka jumlah ini telah meningkat selama 20 tahun terakhir.

Baca Juga: Khawatir Pasangan Tidak Setia? Serahkan Semuanya pada Pemburu Selingkuhan

''Perempuan berusia di bawah 35 tahun lebih mudah selingkuh di era sekarang ini salah satunya didorong oleh budaya pergaulan bebas,'' imbuh Rosenberg. (Suara.com/Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI