Relationship

Indahnya Lebaran, Perlukah Minta Maaf kepada Mantan Kekasih Juga?

Seberapa penting menghubungi mantan kekasih untuk minta maaf saat Lebaran?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi minta maaf. (Pixabay/kai kalhh)
Ilustrasi minta maaf. (Pixabay/kai kalhh)

Dewiku.com - Lebaran adalah momentum tepat untuk minta maaf dang saling memaafkan dengan orangtua, saudara, keluarga, teman, rekan kerja, dan pasangan. Bagaimana dengan mantan kekasih? Perlukah bermaafan di Hari Raya Idul Fitri?

Coba pertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini. Apakah kamu memang perlu menghubungi dia untuk minta maaf saat Lebaran?

1. Salah dia

Memang meminta maaf bukan berarti kamu yang salah. Namun kalau urusan dengan mantan kekasih, itu masih berlaku. Pertimbangkan siapa yang berbuat salah antara kamu dan dirinya. Kalau dia yang salah, buat apa minta maaf kepada mantan? Saat Lebaran nanti, sebaiknya kamu diam saja.

2. Sudah putus

Kamu dan dia sudah putus, jadi tidak perlu lagi menghubungi dia untuk minta maaf yang kedua kalinya. Sebenarnya tidak perlu ada hubungan apa-apa lagi, terlebih bila saat putus kamu dan dia sudah saling meminta maaf dan memaafkan satu sama lain.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

3. Awas galau

Buat kamu yang masih berharap, lebih baik malah tidak menghubungi mantan untuk minta maaf saat Lebaran. Kalau nekat, nanti justru jadi bikin galau. Apapun respon mantan, pasti bikin galau. Entah dia membalas biasa saja atau bernada memberi harapan, keduanya bikin kamu galau.

4. Dia sudah punya pacar

Walau hubungan kamu dan dia baik-baik saja pasca putus, sebaiknya tahan diri untuk tidak minta maaf saat Lebaran kalau dia sudah punya pacar. Selain kamu bisa dicurigai pacarnya karena dianggap masih sayang, kamu juga berpotensi jadi orang ketiga.

5. Tergoda lagi

Perasaan suka antara kamu dan dia mungkin masih ada. Dengan aksi minta maaf saat Lebaran, itu mungkin bakal memunculkan lagi perasaan suka yang sudah kamu tinggalkan. Ini akab berbahaya apabila kamu tergoda lagi dengan dia yang pernah menyakitimu.

Ilustrasi minta maaf. (Pixabay/Gerd Altmann)
Ilustrasi minta maaf. (Pixabay/Gerd Altmann)

6. Kamu sudah punya pacar

Jika kamu sudah punya pacar, lebih baik tidak udah minta maaf kepada mantan kekasih dengan sengaja menghubunginya saat Lebaran. Apalagi kalau itu kamu lakukan secara diam-diam. Aksi kamu berpotensi menciptakan konflik dalam hubungan sekarang. Mau diputusin pacar hanya karena masalah sepele itu?

7. Mengingatkan luka lama

Ini adalah alasan yang paling berbahaya. Kalau rasa sakit hatimu belum pulih total, sebaiknya jangan menghubungi untuk minta maaf saat Lebaran. Sebab, ini bisa membangkitkan luka lama. Sebaiknya lupakan saja. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini