Relationship

Pakai Tes DNA, Layanan Kencan Ini Bantu Menemukan Jodoh Terbaik

Bisa jadi kamu juga bertemu cinta sejati lewat tes DNA ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)
Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)

Dewiku.com - Bagi mereka yang terlalu malu dan malas untuk pergi keluar bertemu orang baru tapi tidak sabar untuk menemukan jodoh, memakai layanan kencan bisa jadi solusi. Nah, layanan kencan dari Jepang ini cukup unik karena melalui pendekatan biologi, yakni memakai tes DNA.

Melansir dari SoraNews24, Nozze, layanan biro jodoh dengan 25 tahun pengalaman, baru saja memulai Kursus Pencocokan DNA pada bulan Januari tahun ini.

Semenjak diluncurkan, layanan mereka semakin populer dengan ratusan orang mendaftar setiap bulan. Bahkan, perusahaan baru saja mengadakan Pesta Pencocokan DNA yang pertama di lingkungan Ginza Tokyo bulan lalu guna mencoba mencocokkan 26 pria dan wanita.

Untuk bergabung dengan layanan ini, pelamar mesti membayar 32.400 yen atau Rp 4,2 juta ditambah 54.000 yen atau Rp 7 juta untuk tes DNA. DNA diekstraksi dari air liur, dan para ilmuwan secara khusus memeriksa kompleks gen HLA untuk kecocokan, atau lebih tepatnya, perbedaan, di antara peserta.

Gen HLA, yang secara umum berkaitan dengan sistem kekebalan, punya sekitar 16.000 variasi. Itu tampaknya dapat membentuk perbedaan utama dalam daya tarik yang dirasakan di antara manusia.

Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan. (Shutterstock)

Prinsip teorinya adalah bahwa pria dan wanita secara alami lebih suka pasangan dengan lebih banyak variasi dalam DNA mereka sehingga bisa meningkatkan kemungkinan keturunan yang layak.

Menurut Klinik Takanawa dari Laboratorium Medis Shinagawa, yang menangani tes DNA untuk Nozze, semakin banyak perbedaan yang dimiliki dua orang di antara gen HLA mereka, semakin banyak pria yang terlihat menarik bagi wanita, dan semakin tinggi pula peluang kehamilan di antara mereka .

Nozze menggunakan informasi genetik yang disediakan oleh Shinagawa Medical Lab untuk memberikan nilai numerik pada kompatibilitas pasangan. Misalnya, pasangan 100% kompatibel jika 0 persen dari alel HLA mereka cocok.

Ilustrasi sistem DNA. (Pixabay/raman bhardwaj)
Ilustrasi sistem DNA. (Pixabay/raman bhardwaj)

Dengan cara ini, perusahaan menawarkan kriteria alternatif untuk menemukan pasangan yang cocok daripada faktor-faktor umum seperti profesi, pendapatan, atau penampilan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik menemukan jodoh lewat tes DNA?

Berita Terkait

Berita Terkini