Hasil Penelitian: Jatuh Cinta Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Wanita

Siap jatuh cinta setiap hari?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 13 Juni 2019 icon 21:30 WIB
Hasil Penelitian: Jatuh Cinta Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Wanita

Ilustrasi cinta. (Unsplash/Nadine Shabana)

Selain membuat suasana hati selalu senang dan tenang, ternyata jatuh cinta memiliki manfaat lain bagi tubuh. Menurut studi terbaru, jatuh cinta bisa mengakibatkan perubahan genetik yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita.

Melansir dari Women In The World, selama 12 bulan para peneliti memantau 47 mahasiswa wanita di University of California. Subjek yang diteliti baru saja memulai hubungan tapi mengatakan belum jatuh cinta dengan pasangan mereka.

Para peneliti mengambil darah dari para wanita di awal proyek untuk mendapatkan estimasi awal dari pertahanan antivirus mereka. Setelah menyelesaikan pengambilan darah awal, peneliti memberikan kuesioner kepada partisipan setiap dua pekan untuk menjawab pertanyaan khusus tentang kehidupan.

Baca Juga: Langka, Rihanna Akhirnya Terbuka soal Hubungannya dengan Hassan Jameel

Salah satu pertanyaannya adalah apakah mereka telah jatuh cinta dengan pasangan mereka? Melaporkan telah jatuh cinta akan menyebabkan pengambilan darah kedua. 

Saat peserta melaporkan bahwa hubungan telah putus, mereka menyelesaikan pengambilan darah ketiga dan terakhir.

Perempuan sedang jatuh cinta. (Shutterstock)
Perempuan sedang jatuh cinta. (Shutterstock)

Hasil penelitian menunjukkan wanita yang sedang jatuh cinta telah meningkatkan aktivitas gen yang terlibat dalam pertahanan antivirus, dibandingkan mereka yang tidak.

Baca Juga: Sudah Saling Nyaman, 5 Alasan Sahabat Bisa Jadi Pacar Sempurna

Baca Juga: Tak Terduga, Wanita Ini Jatuh Cinta dengan Gelandangan di Pantai

"Tidak ada perubahan serupa yang diamati pada wanita yang tidak jatuh cinta," ungkap asisten profesor Tulane Damian Murray, salah satu pemimpin dalam penelitian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI