Relationship

Jangan Gegabah, Terapkan 3 Langkah Ini saat Pacar Ditaksir Orang Lain

Jangan langsung bersikap membabi buta saat pacar ditaksir orang lain.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Pasangan makan bersama. (Pixabay/StockSnap)
Pasangan makan bersama. (Pixabay/StockSnap)

Dewiku.com - Punya pacar dengan banyak penggemar memang bikin bangga. Namun, tidak dapat dipungkiri juga kalau Anda mungkin was-was jika pacar ditaksir orang lain. Bagaimana jika orang itu tampak lebih baik dari Anda?

Perkara ini memang gampang-gampang susah. Anda tak bisa menyalahkan siapa pun karena pada dasarnya perasaan suka tanpa ada aksi setelahnya tidak perlu dipermasalahkan. 

Namun, kecemasan pasangan berpaling dari Anda pun tidak dapat dihilangkan begitu saja. Rasanya bakal lebih berat kalau orang itu berada dalam satu lingkungan dengan pasangan.

Rasa cemas dan khawatir tersebut lalu bisa berkembang menjadi cemburu. Nah, biar tidak cemburu buta, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ketika pacar ditaksir orang lain, seperti dikutip dari Hellosehat.

1. Mengakui perasaan cemburu

Pertama-tama, beritahu dia bahwa Anda merasa risi jika ada orang lain yang jatuh hati kepadanya. Anda tahu kecemburuan ini sebenarnya konyol, tapi jika Anda merasa sang pacar merasa tersanjung dengan perilaku orang tersebut, mungkin memang wajar untuk cemburu. 

Seperti yang dilansir dari Relate, rasa cemburu dalam sebuah hubungan memang sangat umum dan wajar. Namun, terkadang perasaan ini menimbulkan penolakan dan kecemasan yang begitu parah terhadap pasangan sehingga Anda jadi cenderung posesif

Ilustrasi pasangan cemburu, selingkuh. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan cemburu. (Shutterstock)

Akibatnya, banyak orang yang tak mampu mengakui bahwa mereka cemburu karena takut merusak hubungan. Walau demikian, tidak ada salahnya untuk mengakui perasaan cemburu itu jika pasangan Anda disukai oleh orang lain. Hal ini justru dapat membantu mengendalikan emosi.

2. Tidak membiarkan rasa marah menguasai diri Anda

Ingatlah bahwa situasi ini cuma perasaan yang bertepuk sebelah tangan. Nyatanya, pacar Anda tetap memilih berada di sisi Anda. Jangan sampai Anda menjadi cemburu buta. 

Kebanyakan orang tidak menyangkal bahwa dipuji atau disukai oleh seseorang bisa meningkatkan ego mereka. Itu sebabnya, mungkin saja pasangan Anda merasa senang ketika mengetahui ada orang lain yang menyukai dia.

Namun, rasa senang itu tak lantas berarti ia membalas perasaan orang tersebut. Jadi saat Anda merasa sang pacar ditaksir orang lain, cobalah perhatian dua hal penting.

Pertama, Anda perlu melihat apakah hubungan Anda memang dibangun atas dasar kepercayaan, hormat, dan cinta. Perhatikan juga secara seksama apakah perilaku pacar Anda sudah sesuai dengan perkataannya.

Ilustrasi pasangan cemburu dan curiga. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan cemburu dan curiga. (Shutterstock)

Mengetahui pacar ditaksir orang lain memang sering menimbulkan kecemburuan yang mungkin tidak jelas di mata pasangan. Hanya saja, membiarkannya menguasai emosi dan pikiran Anda pun tidak baik untuk hubungan cinta kalian.

3. Membicarakannya dengan pasangan

Jika cemburu masih susah dihilangkan, cobalah diskusikan masalah ini dengan pasangan. Ingat, kunci hubungan sehat adalah komunikasi yang baik. Jadi, coba utarakan ketidaksukaan dan ketidaknyamanan Anda saat pacar ditaksir orang lain.

Meski bisa jadi bakal membuat situasi memanas, setidaknya Anda telah melepaskan beban yang selama ini tersimpan di hati.

Jika bingung bagaimana memulainya, cobalah untuk bercerita terlebih dahulu dengan teman yang bijak, bukan sosok yang bakal memanas-manasi Anda. Dia mungkin bisa membantu Anda dalam mencari tahu cara yang tepat untuk menyampaikan hal ini kepada pacar.

Berita Terkait

Berita Terkini