Seperti Parasit, 4 Tanda Pasangan Cuma Memanfaatkan Anda

Yakin Anda tidak hanya sedang dimanfaatkan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 28 Agustus 2019 icon 21:00 WIB
Seperti Parasit, 4 Tanda Pasangan Cuma Memanfaatkan Anda

Pasangan makan bersama. (Pixabay/StockSnap)

Anda tentu bakal merasa bahagia ketika ada seseorang yang sedang mendekati. Sayangnya dalam hubungan asmara yang sedang berbunga-bunga, Anda mungkin jadi sulit membedakan apakah pasangan memang tulus atau sebenarnya hanya memanfaatkan Anda layaknya parasit.

Anda juga mungkin saja sempat menyadari beberapa tanda yang mengarah pada poin negatif. Namun, Anda malah memilih mengabaikannya karena sudah terlanjur suka dan menaruh hati padanya.

Melansir Hello Sehat, inilah beberapa tanda bahwa pasangan hanya memanfaatkan Anda.

Baca Juga: Duh, Pria Ini Tuntut Selingkuhannya Kembalikan Uang Rp 20 Miliar

1. Dia lebih sering membicarakan tentang dirinya

Salah satu tanda bahwa Anda sedang dimanfaatkan orang lain, terutama oleh pasangan atau orang yang sedang mendekati Anda adalah mereka lebih suka membicarakan diri sendiri.

Ini bisa dikategorikan sebagai kepribadian narsistik. Narsistik tidak sama dengan kepercayaan diri, melainkan lebih menunjukkan perilaku arogan, haus pujian, dan gemar menuntut orang lain tanpa menghargai perasaan mereka. 

Baca Juga: Jangan Gegabah, 3 Langkah Menghadapi Pacar Mengancam Bunuh Diri

Pasangan kekasih. (Unsplash/Christopher Jolly)
Pasangan kekasih. (Unsplash/Christopher Jolly)

Misalnya saja, saat berkencan, ia mungkin akan memulai percakapan tentang dirinya. Begitu mestinya tiba giliran Anda berbicara, ia mungkin akan memotong perkataan Anda dan kembali ke topik tentang dirinya. 

Hal itu bertujuan memenuhi kebutuhan pribadi, seperti meminta solusi dari sebuah masalah tanpa mesti mendengarkan masalah Anda juga.

Coba perhatikan lagi orang yang sedang mendekati atau mungkin sedang berhubungan dengan Anda. Apa mereka amat self-center dan jarang menghargai ucapan Anda? Jika itu yang terjadi, Anda mungkin sedang dimanfaatkan olehnya.

2. Anda selalu mengeluarkan uang

Sebenarnya, tak ada aturan soal siapa yang harus mentraktir siapa ketika berkencan. Namun, kalau mereka cenderung menghindar kalau sudah berkaitan dengan uang, Anda perlu waspada.

Memang tak selalu harus pasangan Anda yang keluar uang tapi bukan berarti juga setiap kalian pergi keluar, Andalah yang selalu menanggung biayanya. 

Seksolog dr. Jess O’Reilly mengungkapkan, permasalahan tentang uang termasuk salah satu sumber konflik dalam hubungan sehingga perlu dibicarakan secara terbuka.

Ilustrasi uang. (Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

Jika pasangan terus menolak membiayai kencan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi Anda memang cuma dimanfaatkan.  

3. Dia tidak pernah menghargai Anda

Dalam sebuah hubungan, saling menghargai merupakan salah satu kunci utama hubungan yang sehat. Ada cara-cara sederhana yang bisa memperlihatkan penghargaan tersebut, misalnya ucapan "terima kasih". 

Ketika dia sering membiarkan Anda membayar makanan dan bahkan tidak mengucapkan terima kasih, tentu ada perasaan kesal yang membuat Anda merasa tak dianggap.

Tak cuma soal uang, dia mungkin juga seenaknya mengajak Anda pergi kencan tanpa memedulikan rencana yang mungkin sudah Anda miliki. Bahkan, ia bakal berubah sikap jika Anda tak menurutinya, tidak peduli apapun alasannya.

Hati-hati. Itu kemungkinan juga menjadi suatu tanda Anda sedang dimanfaatkan oleh pasangan atau mungkin calon pacar Anda.

Menghibur sahabat yang patah hati. (Shutterstock)

4. Anda sudah diperingatkan

Anda mungkin tak sadar sedang dimanfaatkan. Namun, bisa jadi sebenarnya teman dan keluarga telah berkali-kali mengingatkan setelah melihat bagaimana dia memperlakukan Anda dan mereka.

Peran keluarga dan teman Anda sangat berpengaruh untuk membantu Anda melihat calon pasangan dengan lebih objektif. Mereka yang ada di luar hubungan umumnya bisa berpikir dari sudut pandang lain.

Baca Juga: Gampang Panik, 3 Zodiak Paling Sering Insecure dalam Hubungan Asmara

Biasanya, mereka juga akan cenderung tak memberikan restu saat tahu bahwa Anda hanya dimanfaatkan. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI