Pasangan Anda Hobi Diam saat Marah? Coba Lakukan 3 Langkah Ini!

Jangan justru ikutan diam dan mengabaikannya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 04 Oktober 2019 icon 08:00 WIB
Pasangan Anda Hobi Diam saat Marah? Coba Lakukan 3 Langkah Ini!

Pasangan bertengkar. (Unsplash/RAYUL)

Apakah Anda punya pasangan yang hobinya diam seribu bahasa saat marah? Mulanya Anda mungkin lega karena tak perlu mendengarkan omelan yang bikin telinga terasa panas. Namun kalau diamnya terlalu lama, bingung juga, kan?

Tentu ada banyak alasan yang membuatnya memilih diam saat marah. Mungkin dia takut salah berucap, tak tahu harus bersikap seperti apa, atau memang merasa malas bicara dengan Anda.

Namun, bagaimana agar hubungan asmara bisa kembali mencair dan menghangat? Melansir Hellosehat, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan saat pasangan mendiamkan Anda.

Baca Juga: Jatuh Cinta, Selebgram Cantik Ini Pacaran dengan Pria yang Jauh Lebih Tua

1. Dekati dia dengan lembut

Pendekatan yang lembut mungkin lebih efektif untuk memulai percakapan. Dekati dia, lalu perlahan coba ajak bicara dengan intonasi lembut. Tanyakan mengapa ia mesti mendiamkan Anda.

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Beri tahu pasangan bahwa Anda ingin berdikusi untuk menyelesaikan masalah. Jika kesalahan terletak pada Anda, jangan ragu untuk menyampaikan permintaan maaf secara tulus.

Baca Juga: Gampang Menyerah, Ternyata 5 Zodiak Ini Cenderung Enggan Perjuangkan Cinta

Jika dia masih enggan merespon, berilah waktu untuk mendinginan hatinya dulu. Jangan lupa katakan padanya bahwa setelah dia merasa lebih tenang, Anda ingin kembali mengajaknya berdiskusi untuk mendapatkan solusi bersama.

2. Ungkapkan perasaan Anda

Jika dia sudah mendiamkan Anda selama sekian jam atau bahkan beberapa hari, sampaikan perasaan Anda. Katakan sikap seperti itu membuat Anda bingung dan sedih. Itu juga membuat Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dan hanya bisa menunggu kapan dia mau kembali berbicara denganmu.

Bagaimanapun, Anda berhak menyuarakan pendapat ketika sikap diamnya itu malah membuat keadaan semakin memburuk.

Ilustrasi pasangan romantis. [Shutterstock]
Ilustrasi pasangan romantis. [Shutterstock]

3. Beri waktu hingga dia sendiri yang menghampiri Anda

Terkadang, pasangan marah bukan karena Anda melakukan kesalahan tapi bisa saja karena dia ingin Anda menuruti keinginannya. Diam bisa dijadikan senjata agar Anda mau mengikuti aturan mainnya.

Namun jika keinginannya terasa terlalu tidak masuk akal bagi Anda, tak usah pusing. Sesekali, Anda bisa saja balik mendiamkannya sampai ia sendiri yang nantinya melunak lebih dulu.

Walau begitu, sebelumnya Anda tetap perlu berusaha mengajak pasangan berbicara. Jika ia memang tidak mau menanggapi dan bersikeras pada pendiriannya, cobalah diamkan dia sejenak.

Baca Juga: Jangan Mengencani Idol Kpop! Ternyata Ini Alasannya

Saat melakukannya, kerjakan saja apapun kegiatan Anda seolah tidak ada apa-apa. Jika ia adalah suami Anda, tetap persiapkan kebutuhannya seperti biasanya tanpa ada yang berubah. Sikap ini bertujuan memberi tahu pasangan secara tidak langsung bahwa diam bukan cara terbaik untuk mendapatkan keinginannya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI