Relationship

Bikin Sedih dan Gelisah, Ini Tandanya Terjebak Hubungan Tanpa Status

Hubungan tanpa status dianggap menarik bagi mereka yang takut atau belum siap berkomitmen.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Christiana Rivers)
Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Christiana Rivers)

Dewiku.com - Hubungan tanpa status mungkin saja menjadi pilihan seseorang. Biasanya, pola hubungan seperti ini dilakukan karena ragu, takut, atau belum siap berkomitmen.

Namun, bagaimana kalau Anda tidak sadar sudah terjebak hubungan tanpa status? Padahal Anda terlanjur berharap dan menginginkan status yang lebih jelas darinya.

Sebelum terlambat dan rasanya menjadi semakin menyesakkan dan patah hati, Anda perlu mengetahui ciri-ciri hubungan tanpa status. Mengutip dari Hellosehat, berikut uraiannya:

1. Tak pernah membahas soal komitmen

Jika dia tak pernah membahas komitemen, keseriusan hubungan ini perlu dipertanyakan. Harus lebih curiga saat dia malah mengeluarkan kalimat saktinya dengan berkata, "Jalanin saja dulu."

Jika dia serius, dia tentu paham ke mana hubungan asmara kalian akan dibawa. Sudah jelas tidak ada istilah "jalanin saja dulu" tanpa tahu arah hubungan yang pasti.

Ketergantungan sama pacar ternyata tidak baik. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan yang menjalani hubungan tanpa status. (Shutterstock)

2. Sebatas hubungan fisik

Pada dasarnya, hubungan emosional, sosial, dan spiritual jauh lebih penting ketimbang hubungan fisik semata. Jadi saat dia hanya mementingkan hubungan fisik, keseriusannya perlu dipertanyakan karena hal ini bisa jadi ciri-ciri hubungan tanpa status.

Jika Anda tak merasa keberatan, boleh-boleh saja menjalaninya. Namun, jika mengharapkan hubungan asmara yang serius, sebaiknya pikirkan kembali keinginan untuk meneruskan hubungan itu.

3. Sering hilang tanpa kabar

Tiba-tiba dia hilang tanpa kabar, padahal sebelumnya sama sekali tak ada masalah apapun. Pernah mengalaminya?

Anda tidak tahu ke mana ia pergi dan kapan kembali. Namun karena ini hubungan tanpa status, Anda memang tak bisa menuntutnya selalu mengabari Anda. Jika perasaan Anda sudah terlanjur dalam, kondisi seperti ini pasti bikin resah dan galau.

4. Hanya datang ketika butuh

Setelah menghilang tanpa alasan yang jelas, bisa saja tiba-tiba dia datang kembali karena membutuhkan sesuatu dari Anda. Mirisnya, Anda tak bisa protes karena memang tidak ada komitmen yang mendasari hubungan tersebut.

Ciri-ciri ini cukup dapat dikenali jika Anda sudah cukup lama menjalani hubungan tanpa status dengan si dia.

Ilustrasi putus cinta, patah hati. (Shutterstock)
Ilustrasi putus cinta. (Shutterstock)

5. Hanya salah satu pihak yang berusaha lebih

Dalam hubungan yang sehat, ada komitmen untuk saling berusaha membahagiakan satu sama lain. Sayangnya, hal ini kerap tidak terjadi dalam hubungan tanpa status. Terkadang cuma satu pihak yang berusaha lebih, sedangkan lainnya hanya menerima saja tanpa banyak memberi.

Bukankah melelahkan jika selalu saja hanya Anda yang berjuang? Oleh karena itulah, hubungan tanpa status kurang sehat untuk dijalani.

6. Tidak dikenalkan pada orangtua dan teman

Hubungan tanpa status biasanya disembunyikan dari orang terdekat. Itu karena hal tersebut dianggap hanya sekadar main-main dan menganut prinsip "jalanin saja dulu".

Pasalnya, mengenalkan pasangan kepada orangtua dan teman dianggap selangkah lebih serius. Jadi, hal ini seringkali enggan dilakukan oleh orang-orang yang berada dalam hubungan tanpa status.

Berita Terkait

Berita Terkini