Gelar Pesta Perceraian, Wanita Ini Bahagia Bisa Bebas dari Suami Kasar

Dia ingin menunjukkan bahwa perceraian tidak harus berarti buruk.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 05 Oktober 2020 icon 12:00 WIB
Gelar Pesta Perceraian, Wanita Ini Bahagia Bisa Bebas dari Suami Kasar

Ilustrasi surat perceraian. (Unsplash/Rawpixel)

Selama ini, perceraian identik dengan nasib buruk dan kemalangan. Padahal, tidak semua perceraian adalah hal buruk yang meninggalkan luka.

Belum lama ini, seorang wanita Malaysia menjadi viral karena menggelar pesta perceraian. Dia merayakan perubahan statusnya menjadi lajang lagi.

Melansir World of Buzz, wanita bernama Aira tersebut mempunyai alasan merayakan kebebasannya. Unggahan Aira pun dibanjiri komentar positif.

Baca Juga: Ingin Bercerai? 7 Tips Melepaskan Diri dari Pernikahan Tidak Sehat

"Perceraian selalu dipandang sebagai sesuatu yang negatif. Tapi ini bukan hal buruk ketika kamu akhirnya bebas dari kekerasan. Jadi inilah aku merayakan kebebasan," ungkap Aira lewat akun @airawr_.

Pesta perceraian itu sendiri merupakan saran dari sahabat Aira. Selain itu, terapis Aira setuju karena hal ini bisa mengubah sesuatu yang traumatis menjadi positif.

Menurut Aira, mantan suaminya dulu sering melakukan kekerasan mental. Padahal, sang suami tahu jika Aira menderita gangguan kecemasan.

Baca Juga: Cerai di Usia Muda, Wanita Ini Berubah Model Seksi Bergaji Rp 21 Miliar

Viral Wanita Malaysia Gelar Pesta Perceraian (twitter.com/airawr_)
Viral Wanita Malaysia Gelar Pesta Perceraian (twitter.com/airawr_)

Seiring berjalannya pernikahan, suami Aira rupanya juga punya isu manajemen emosi. Akibatnya, kesehatan mental Aira memburuk dan dirinya didiagnosis menderita gangguan bipolar tipe 2.

Si mantan suami juga menuntut Aira untuk menyembunyikan sikap kasarnya di rumah. Aira juga menyebutkan dia sempat ingin bunuh diri.

Untunglah, keluarga Aira menyadari kekerasan mental yang dilakukan si suami. Orangtua Aira juga setuju kalau perceraian adalah jalan terbaik.

"Orangtuaku meyakinkan bahwa aku pantas diperlakukan lebih baik, dan mereka pikir perceraian bukan hal buruk kalau kau terjebak dalam pernikahan yang hampir merenggut nyawamu," katanya.

Mantan suami Aira juga setuju bercerai karena dia tidak bisa menoleransi kesehatan mental Aira. Si mantan juga menolak pergi konseling.

Berkat perceraian itu, Aira kini lebih bahagia. Dua bulan setelah cerai, Aira bahkan bisa berhenti meminum obat.

Viral Wanita Malaysia Gelar Pesta Perceraian (twitter.com/airawr_)
Viral Wanita Malaysia Gelar Pesta Perceraian (twitter.com/airawr_)

"Kini, banyak orang memberitahuku bahwa aku akan menemukan seseorang yang lebih baik."

"Tapi, aku tidak butuh atau tidak ingin seseorang yang bisa membuatku merasa lebih baik karena itu cuma akan membuatku tergantung, alih-alih mencintai diriku sendiri."

Baca Juga: Pernah Jadi Korban KDRT, Ibu Bertangan Robot Ini Temukan Cinta Baru

Aira juga membagikan pengalamannya ini supaya orang lain yang terjebak dalam KDRT berani angkat bicara. Unggahannya pun mendapat respons positif dari warganet yang mendukung dan mengapresiasinya karena berhasil lepas dari hubungan tidak sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI