Relationship

Banyak Orang Jalani Hubungan Sahabat Jadi Cinta, Malah Rentan Kandas?

Apakah hubungan asmara yang bermula dari sahabat jadi cinta kemungkinan besar akan langgeng dan berhasil?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan romantis. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi pasangan romantis. (Pixabay/StockSnap)

Dewiku.com - Terjalinnya hubungan asmara antara dua orang sahabat alias sahabat jadi cinta kerap dipercaya langgeng. Namun, ada juga yang malah menganggapnya rentan kandas. Jadi, mana yang benar?

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, justru hubungan asmara yang berasal dari persahabatan bisa bertahan hingga jangka panjang.

"Sangat sedikit penelitian terkait inisiasi hubungan dari sahabat menjadi kekasih, walau ini merupakan cara terbentuknya hubungan asmara paling umum," tulis studi sekaligus profesor psikologi University of Victoria British Columbia, Danu Stinson seperti dilansir dari CNN Health.

Danu Stinson telah mempelajari inisiasi hubungan selama 20 tahun. Selama kurun waktu itu, banyak peserta yang melaporkan bahwa mereka membentuk hubungan asmara setelah sebelumnya menjalin persahabatan terlebih dahulu.

Ilustrasi pasangan berpelukan. (Pexels/Vasyl Potochnyi)
Ilustrasi pasangan berpelukan. (Pexels/Vasyl Potochnyi)

Para peneliti melakukan analisis lewat tujuh studi laboratorium terhadap mahasiswa dan orang dewasa segala usia. Partisipan terdiri dari 1.900 orang dari Kanada dan Amerika Serikat.

Studi juga diperkuat lewat survei online dari tahun 2002 hingga 2020 dengan tujuan menganalisis data dari demografis para peserta.

Hasil analisis menemukan bahwa 66 persen pasangan yang memulai hubungan asmara terjadi lewat persahabatan. Bahkan, banyak di antaranya yang telah menjalin persahabatan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelumnya.

Studi terakhir bahkan mengamati 300 mahasiswa yang telah menjalin hubungan persahabatan selama hampir 22 bulan sebelum berubah menjadi hubungan asmara.

Ilustrasi pasangan bermain musik bersama. (Pixabay/icsilviu)
Ilustrasi pasangan bermain musik bersama. (Pixabay/icsilviu)

Selain itu, hampir setengah dari sampel analisis mengatakan, inisiasi teman-pertama merupakan metode pilihan mereka untuk memulai hubungan asmara.

Menurut Stinson, temuan ini mendorong pemikiran supaya hubungan romansa bukan lagi dari perkenalan maupun kencan.

"Saya pikir kalau Anda percaya dengan pertemuan kencan tanpa harus berteman, sulit untuk membayangkan situasi lain, di mana Anda juga bisa memulai hubungan asmara setelah berteman lama," ujar dia. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini