Relationship

Cari Jodoh di Aplikasi Kencan? Coba Minta Bantuan Teman soal 5 Hal Ini

Kamu bisa minta tolong soal beberapa hal penting kepada temanmu sebelum menggunakan aplikasi kencan.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Menggunakan aplikasi kencan online. (Shutterstock)
Menggunakan aplikasi kencan online. (Shutterstock)

Dewiku.com - Setiap orang memang bisa saja punya cara masing-masing dalam menggunakan aplikasi kencan. Ada yang merasa ingin hati-hati saat kenalan dengan orang baru, terlebih jika niatnya adalah cari jodoh.

Oleh karenanya, bagi beberapa orang, meminta opini teman adalah salag satu pertimbangan penting dalam memilih calon pasangan.

"Kita terkadang kurang sadar bagaimana teman bisa mempengaruhi kita dalam berkencan atau menjalin hubungan romantis. Ada kalanya kita meminta opini teman tentang orang yang kita kencani, termasuk mengurungkan niat untuk berkencan dengan orang yang tidak di-'approve' oleh teman," ungkap Inez Kristanti, seorang relationship expert, dalam rilis yang diterima Suara.com--jaringan Dewiku.com, Senin (9/8/2021) kemarin.

Ketika upaya tersebut dilakukan menggunakan aplikasi kencan, misalnya Tinder, kemungkinan besar kamu tentu akan bertemu dengan orang-orang baru. Saat itu pula, saran teman dekat lebih diperlukan lagi agar kamu bisa dengan orang-orang baru dan menarik. 

Ilustrasi pengguna aplikasi kencan online. [Shutterstock]
Ilustrasi pengguna aplikasi kencan online. [Shutterstock]

Sebelum mulai memilih calon pasangan, coba minta bantuan terkait lima hal ini kepada teman terdekat dulu.

 1. Aku orangnya kayak apa, sih?

Coba lempar pertanyaan ini ke teman-teman dekatmu. Apakah kamu seseorang yang pasif, sensitif, mandiri, open-minded atau suka tantangan? Ajak teman-teman untuk merangkai bio menarik dari hal-hal yang paling menggambarkan dirimu. 

Ingatlah kembali hal-hal seru apa saja yang kamu pernah lakukan dengan teman-teman dekatmu dan ingin kembali dilakukan dengan match kamu nantinya. Lebih dari 50 persen anak muda Indonesia ingin bertemu dengan seseorang yang dapat menghidupkan jiwa petualang mereka, sedangkan 45 persen lainnya ingin bertemu dengan seseorang yang dapat diajak main game bersama.

2. Minta pilihkan foto

Ajak teman-teman dekatmu memilih foto terbaik kamu untuk dipasang sebagai foto profil Tinder. Jangan lupa untuk ingatkan mereka kalau fotonya harus jelas dan sesuai dengan dirimu sendiri.
 
Misalnya kamu merasa tidak punya foto bagus, bisa buat virtual photoshoot yang sempat heboh tahun lalu. Biarkan teman-teman baikmu membantu arahkan pose dan angle terbaikmu secara virtual.

Ilustrasi menggunakan aplikasi kencan online. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan aplikasi kencan online. (Shutterstock)

 3. Minta pendapat tentang swipe right atau left

Coba tunjukkan satu per satu profil potential match kepada teman-teman dekatmu saat video call dan tanya pendapat mereka apakah kamu mesti swipe right atau swipe left.

Kamu juga bisa mengirimkan link profil potential match ke mereka. Walau pilihan tetap jatuh di tanganmu, mereka juga cukup tahu tipe pasangan yang paling kamu idam-idamkan.  
 
4. Saran tentang obrolan pertama

Hal yang wajar ketika kamu bingung untuk memulai percakapan dengan match di Tinder, tapi bukan berarti enggak bisa. Teman-teman baikmu pasti mempunyai cara ampuh untuk memulai obrolan dengan orang baru.
 
Apakah kamu mau terdengar fun, cheesy, intelek, genit, atau malah formal? Kamu mau mulai dengan 'Hai' atau 'Suka deh sama senyumnya', atau mulai dengan bertama series 'Udah nonton Hospital Playlist season 2 belum?' maupun tiba-tiba curhat, 'Aduh, bosen banget sama pandemi!'. Pasti teman dekatmu mempunyai yang lebih unik lagi.

 5. Coba fitur Face to Face Video Chat 

Todak ada salahnya untuk melakukan panggilan video dengan match kamu dan cari tahu lebih banyak tentang apa yang dia sukai, tidak disukai, dan hal-hal menarik lainnya. Lebih seru vibe yang kamu rasakan, lebih nyaman juga antara satu sama lain. 

Cek dulu latar belakang lokasimu sebelum melakukan video chat untuk menghindari terlihatnya hal-hal yang bisa menunjukkan tempat tinggal. Selain itu, berpakaianlah senyaman mungkin. (*Lilis Varwati)

Berita Terkait

Berita Terkini