Pernikahan Mewah Anak Presiden Ini Disorot, Suvenirnya Senilai Rp59 Juta

Acara pernikahan yang digelar mewah dan megah ini menuai kontroversi.

By: Nur Khotimah icon Jumat, 03 September 2021 icon 09:00 WIB
Pernikahan Mewah Anak Presiden Ini Disorot, Suvenirnya Senilai Rp59 Juta

Anak Presiden Nigeria, Yusuf Buhari dan istrinya. (Instagram/@thebeginningofyz)

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari diektahui menikahkan putranya, Yusuf Buhari, baru-baru ini. Orang nomor satu di Nigeria ini pun menggelar pesta pernikahan yang megah dan mewah untuk sang anak.

Yusuf menikahi Zahra Nasir Bayero yang merupakan keluarga kerajaan sekaligus putri pemimpin Islam terkenal di sana. Keduanya bertemu saat kuliah di University of Surrey, Inggris.

Yusuf Buhari juga diketahui sebagai satu-satunya putra Muhammadu Buhari. Jadi tidak heran jika pernikahannya dengan Zahra digelar begitu meriah pada akhir Agustus 2021 kemarin.

Baca Juga: Cantiknya Gaun Lesti Kejora saat Syukuran Pernikahan, Ada Pesan Rahasianya!

Yusuf mengeluarkan sebesar 500 ribu Naira atau sekitar Rp17,3 juta untuk mahar pernikahan. Jumlah ini 10 kali lipat lebih besar dibanding mahar rata-rata yang dipakai di Nigeria Utara.

Melansir BBC, acara yang digelar di Istana Emir Bichi itu dihadiri oleh ribuan orang yang terdiri dari anggota elit Nigeria dan pejabat Afrika Barat. Mereka datang menggunakan jet pribadi.

Potret megah pernikahan anak Presiden Nigeria, Yusuf Buhari dan istri. (Instagram/@adinoyi_)
Potret megah pernikahan anak Presiden Nigeria, Yusuf Buhari dan istri. (Instagram/@adinoyi_)

Acara tersebut tentu menelan biaya yang tidak sedikit. Untuk suvenir saja, Yusuf Buhari kabarnya habis lebih dari 1 miliar Naiara atau hampir setara dengan Rp34 miliar.

Baca Juga: Viral Pria Asyik Lakukan Ini di Resepsi Pernikahan, Istrinya sampai Bete

Laman Pointblanknews mengabarkan bahwa suvenir pernikahan Yusuf dan Zahra terdiri dari iPhone 12 Pro Max custom dan iPad. Satu suvenir harganya senilai nyaris Rp59 juta.

Namun, kemeriahan pernikahan anak Presiden Muhammadu Buhari menuai beberapa kontroversi. Pasalnya ini dinilai terlalu megah, padahal masyarakat Nigeria banyak yang sedang kesusahan.

Apalagi selama ini Presiden Muhammadu Buhari dikenal sebagai pemimpin yang sederhana. Dia bahkan sempat dinilai sebagai keluarga miskin sebelum menjadi Presiden.

Tamu di pernikahan anak Presiden Nigeria, Yusuf Buhari dan istri. (Instagram/@adinoyi_)
Tamu di pernikahan anak Presiden Nigeria, Yusuf Buhari dan istri. (Instagram/@adinoyi_)

"Sayangnya ini adalah Presiden yang tidak mampu membiayari kampanyenya pada tahun 2015," ujar seorang komentator melansir Pointblanknews, Kamis (2/9/2021).

"Presiden yang dinilai bersama keluarganya sebagai yang termiskin sebelum 2015 dan membawahi pemerintahan yang mengklaim memerangi korupsi," lanjutnya.

Menurut komentator itu, beberapa pihak penasaran tentang sumber dana pernikahan Yusuf Buhari. Terlebih lagi orang terkaya di Afrika pun kabarnya tidak membuat acara semegah itu.

"Dari mana Yusuf Buhari dan keluarganya mendapatkan semua uang itu? Ini bisa dibilang pernikahan termahal dalam sejarah Nigeria. Bahkan orang terkaya Afrika, Aliko Dangote, tidak menghabiskan sebanyak itu untuk pernikahan putrinya," ujar dia lagi.

Tamu di pernikahan megah anak Presiden Nigeria, Yusuf Buhari dan istri. (Instagram/@aishambuhari)
Tamu di pernikahan megah anak Presiden Nigeria, Yusuf Buhari dan istri. (Instagram/@aishambuhari)

Kontroversi juga datang dari baju yang dikenakan Zahra saat foto prewedding. Warganet mengkritik baju tersebut kurang pantas karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Gaun pernikahan Zahra dengan bagian pundak terbuka juga menjadi sorotan. Masalahnya, gaun ini tidak mendapat teguran dari polisi Hisbah. Padahal selama ini mereka sering melarang hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam, termasuk pakaian seksi.

Baca Juga: Ogah Dibikin Repot, Wanita Ini Tak Mau Undang Nenek Suami ke Pernikahan

Sementara itu, pesta pernikahan Yusuf dan Zahra dihadiri tokoh penting. Di antara yang hadir adalah istri wakil presiden, Ibu Dolapo Osinbajo hingga Ketua Senat, Senator Ahmad Lawan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI